KPK Geledah Rumah Dinas Wali Kota Batu, Amankan Sejumlah Dokumen

Farih Maulana Sidik - detikNews
Jumat, 15 Jan 2021 15:20 WIB
Penampakan Gedung Baru Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan
Gedung KPK (Rachman Haryanto/detikcom)
Jakarta -

KPK melakukan penggeledahan terkait penyidikan dugaan korupsi atas perkara gratifikasi di Pemkot Batu periode 2011-2017. Penyidik mengamankan sejumlah dokumen terkait perkara dari rumah dinas Wali Kota Batu, Jawa Timur.

Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri mengatakan penggeledahan dilakukan pada Kamis (14/1) kemarin. Selain menggeledah rumah dinas wali kota, penyidik menggeledah salah satu staf mantan Wali Kota Batu, Eddy Rumpoko.

"Adapun yang sudah diamankan, di antaranya berbagai dokumen yang terkait dengan perkara ini yang selanjutnya akan dilakukan verifikasi dan analisa," kata Ali kepada wartawan, Jumat (15/1/2021).

"Setelahnya akan dilakukan penyitaan sebagai barang bukti dalam perkara tersebut," tambah Ali.

Seperti diketahui, KPK tengah melakukan serangkaian penyidikan dugaan tindak pidana korupsi gratifikasi di lingkungan Pemkot Batu dalam kurun waktu 2011-2017. Penyidik KPK juga sempat menggeledah ruang kerja Wali Kota Batu hingga sejumlah kantor dinas Pemkot Batu.

Penyidik KPK menggeledah ruang Dinas Pariwisata, Dinas Pendidikan, serta Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Di sana, penyidik menyita sejumlah dokumen terkait proyek pekerjaan dan perijinan tempat wisata di Kota Batu.

Sehari berikutnya, giliran kantor Dinas Komunikasi dan Informasi, Dinas Penanggulangan Kebakaran, serta Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Kota Batu. Lalu, penyidik menggeledah kantor Badan Perencanaan Pembangunan, dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda).

KPK akan terus melakukan pengembangan terkait perkara gratifikasi yang menyeret mantan Wali Kota Batu, Eddy Rumpoko.

(fas/gbr)