4 Jam Geledah Ruang Wali Kota Batu, KPK Keluar Bawa 5 Koper Besar

Enggran Eko Budianto - detikNews
Jumat, 08 Jan 2021 16:59 WIB
kpk menggeledah balai kota batu
Foto: Muhammad Aminudin
Batu -

Kurang lebih empat jam lamanya tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah ruang kerja Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko. Ketika selesai, tim KPK keluar dengan membawa setidaknya 5 koper besar.

Tidak ada penyegelan terhadap ruang kerja Wali Kota Batu yang berada di lantai 5 gedung block office Balai Kota Among Tani, Kota Batu.

Plt juru bicara KPK, Ali Fikri menuturkan, tim penyidik kembali melanjutkan kegiatan penyidikan di lingkungan Pemkot Batu, hari ini, penyidik menggeledah kantor Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko dan kantor Badan Perencanaan Pembangunan, dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Kota Batu.

kpk menggeledah balai kota batuFoto: Muhammad Aminudin

"Hari ini, tim penyidik KPK kembali melanjutkan kegiatan penggeledahan di kantor Wali Kota Batu dan kantor Bappeda Kota Batu," ungkap Ali Fikri kepada wartawan, Jumat (8/1/2021).

Menurut dia, tim penyidik masih akan terus bekerja untuk menganalisa sejumlah dokumen yang disita dari hasil penggeledahan.

"Kegiatan saat ini masih berlangsung dan nanti perkembangan mengenai hasil geledah akan kami sampaikan lebih lanjut," tuturnya.

Saat penggeledahan berlangsung, Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko tengah sibuk mengikuti rapat virtual persiapan Pelaksanaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang dimulai 11 sampai 25 Januari 2021.

Sebelumnya, penyidik KPK juga menggeledah ruang Dinas Pariwisata, Dinas Pendidikan, serta Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Disana, penyidik menyita sejumlah dokumen terkait proyek pekerjaan dan perijinan tempat wisata di Kota Batu.

(iwd/iwd)