Ruang Kerjanya Digeledah KPK, Wali Kota Batu: Datang Silaturahmi

Muhammad Aminudin - detikNews
Jumat, 08 Jan 2021 17:27 WIB
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko (Foto: Muhammad Aminudin)
Batu -

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah ruang kerja Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko. Selain itu, tujuh ruang Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemkot Batu ikut digeledah.

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko menyebut kehadiran tim penyidik KPK tak terkait dengan dirinya. Sebab, KPK datang untuk mencari dokumen saat kepemimpinan Wali Kota sebelum dia menjabat.

"Saya ini kan, Wali Kota 2017 sampai 2022. Mereka (KPK) mencari dokumen yang 2011 sampai 2017, yang tidak ada di saya," ujar Dewanti kepada wartawan di Balai Kota Among Tani, Jumat (8/1/2021), sore.

Pernyataan itu disampaikan Dewanti ketika menanggapi ruang kerjanya ikut digeledah oleh penyidik KPK. Bahkan, Dewanti membantah adanya penggeledahan.

"Bukan penggeledahan, kita sempat ngobrol, mereka tidak perlu izin, karena SOP-nya begitu. Akhirnya tadi datang silaturahmi," kata politisi PDI Perjuangan ini.

Menurut Dewanti, sudah menjadi tugas dirinya bersama perangkat daerah di lingkungan Pemkot Batu, untuk melayani setiap tamu yang datang.

Kehadiran KPK disebut juga tidak mengganggu aktivitas kedinasan. Semua berjalan seperti biasa, karena dinas memiliki tugas pokok dan fungsi masing-masing.

"Kami harus melayani tamu dengan baik, dinas memiliki tupoksi masing-masing. Jadi tidak terganggu, seperti ketika ada pemeriksaan BPK," tegasnya.