KPK Kembali Geledah 3 Kantor Dinas Pemkot Batu, Amankan Sejumlah Dokumen

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Jumat, 08 Jan 2021 09:53 WIB
Ali Fikri
Ali Fikri (Foto: Ari Saputra)
Jakarta -

KPK kembali menggeledah 3 kantor dinas di Pemerintah Kota (Pemkot) Batu, Jawa Timur. Dari ketiga lokasi itu, KPK berhasil mengamankan berbagai dokumen terkait perkara gratifikasi di Pemkot Batu periode 2011-2017.

"Adapun di 3 lokasi tersebut, diamankan berbagai dokumen di antaranya dokumen perizinan usaha, catatan transaksi keuangan yang terkait dengan perkara ini," kata Plt Juru Bicara KPK Bidang Pencegahan Ali Fikri, kepada wartawan, Jum'at (8/1/2021).

Ali menyebut 3 lokasi penggeledahan tersebut yakni kantor Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Batu, Dinas Penanggulangan Kebakaran Kota Batu serta Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Kota Batu.

Ali juga mengatakan KPK akan melakukan analisis lebih lanjut terhadap dokumen dari hasil penggeledahan tersebut. Nantinya, dokumen tersebut akan segera dilakukan penyitaan.

"Penyidik akan melakukan penyitaan setelah melakukan analisa terhadap dokumen hasil geledah dimaksud," ujar Ali.

Seperti diketahui, KPK juga sebelumnya telah melakukan penggeledahan di tiga kantor dinas Pemkot Batu. Penyidik KPK berhasil mengamankan sejumlah dokumen perizinan tempat wisata di Kota Batu.

"Penyidik menemukan dan mengamankan sejumlah dokumen terkait kegiatan proyek-proyek pekerjaan dan juga dokumen perizinan-perizinan tempat wisata pada Dinas Pariwisata Kota Batu kurun waktu tahun 2011-2017," kata Ali, kepada wartawan, Kamis (7/1).

Saat itu, KPK menggeledah tiga kantor dinas yakni kantor Dinas PUPR, kantor Dinas Pendidikan, dan kantor Dinas Pariwisata Kota Batu. KPK akan terus melakukan pengembangan terkait perkara gratikasi yang menyeret mantan Wali Kota Batu, Eddy Rumpoko.

(fas/lir)