detikcom Do Your Magic

Solusi Masalah Sampah di Jalanan Ciputat, Pemkot Beri Tong-tong Sampah

Taufieq Renaldi Arfiansyah - detikNews
Jumat, 15 Jan 2021 10:55 WIB
Tong-tong sampah di gang permukiman dekat flyover Ciputat, solusi perilaku buang sampah di dekat Pasar Ciputat ini. (Taufieq Renaldi Arfiansyah/detikcom)
Tong-tong sampah di gang permukiman dekat flyover Ciputat, solusi perilaku buang sampah di dekat Pasar Ciputat ini. (Taufieq Renaldi Arfiansyah/detikcom)
Tangerang Selatan -

Untuk mengakhiri masalah perilaku buang sampah sembarangan di Jl Dewi Sartika dan di bawah flyover (jalan layang) Ciputat, Pemerintah Kota Tangerang Selatan memberi tong-tong sampah untuk warga. Warga diharap disiplin membuang sampah di tong sampah dan tidak lagi membuang kantong-kantong sampah di jalanan.

Tong sampah dibagikan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Pemkot Tangsel) kepada warga RT 03/RW 01 yang bermukim di sekitar flyover Ciputat dan Jl Dewi Sartika, Kelurahan Cipayung, Kecamatan Ciputat. Pembagian dilakukan bersamaan dengan kegiatan kerja bakti Jumat Bersih (Jumsih) pagi hari.

"Dan pagi hari ini kita melaksanakan pembagian tong sampah untuk lingkungan RW setempat, yaitu sejumlah 5 buah unit tong sampah," kata Kepala Seksi Pengelolaan Sampah DLH Tangsel Rastra Yudhatama (Yudha) saat di Jalan Dewi Sartika, Tangsel, Jumat (15/1/2021).

Permasalahan penempatan titik tong sampah yang sudah diberikan akan diserahkan kepada warga setempat. Penyerahan dan kewenangan diwakilkan oleh ketua RT 03/RW 01.

"Dan untuk peruntukan dan penempatan tong sampah kita akan serahkan kewenangannya kepada Pak RW dan Pak RT," ujar Yudha.

Kerja bakti membersihkan sampah di jalanan bawah flyover Ciputat dan Jl Dewi Sartika. (Taufieq RA/detikcom)Kerja bakti membersihkan sampah di jalanan bawah flyover Ciputat dan Jl Dewi Sartika. (Taufieq RA/detikcom)

Yudha mengungkapkan bahwa tong sampah yang saat ini bisa bertambah jumlahnya. Proses penambahan tong sampah di kawasan permukiman akan dikomunikasikan dengan Kelurahan setempat.

"Nah insyaallah nanti kita kan coba komunikasi kembali dengan kelurahan apabila membutuhkan tong sampah segera kita bisa tampung melalui surat dulu, yang pertama. Nanti Insyaallah setelah surat masuk kita akan proses," ungkap Yudha.

Video Penampakan Sampah di Bawah Flyover Ciputat:

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya, warga diharapkan membuang sampah di tong sampah, tidak di jalanan:

Selanjutnya
Halaman
1 2