detikcom Do Your Magic

Ini Sebab Warga Buang Sampah di Tengah Jalanan Ciputat

Syahidah Izzata - detikNews
Kamis, 14 Jan 2021 19:40 WIB
Warga Ciputat dan perilaku buang sampah di jalanan. (Syahidah Izzata/detikcom)
Warga Ciputat dan perilaku buang sampah di jalanan. (Syahidah Izzata/detikcom)
Tangerang Selatan -

Sampah di tengah Jl Dewi Sartika dan di bawah flyover (jalan layang) Ciputat menjadi masalah menahun. Warga membuang sampah di jalanan bukan karena suka buang sampah sembarangan. Ada sebab warga membuang berkantong-kantong sampah di sini.

"Masalahnya di situ nggak ada pembuangan sampah di RW 1. Jadi orang-orang di dalam (kampung) sini buangnya ke depan semua," kata Ketua RT 3 RW 1, Mulyati, Keluarahan Cipayung, Kecamatan Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten, Kamis (14/1/2020).

Mulyati menjelaskan penumpukan sampah biasa terjadi pada malam hari. Pagi harinya, sampah-sampah itu diangkut truk sampah. Warga tidak punya pilihan selain membuang sampah di titik terdekat yang bisa cepat diakses truk sampah, yakni di tengah jalan atau di bawah flyover Ciputat tak jauh dari Pasar Ciputat itu.

"Jadi kita juga nggak bisa ngelarang karena nggak ada pembuangan sampah," kata Mulyati.

Warga Ciputat dan perilaku buang sampah di jalanan. (Syahidah Izzata/detikcom)Warga Ciputat dan perilaku buang sampah di jalanan. (Syahidah Izzata/detikcom)

Kebiasaan ini sudah berlangsung lama, sejak adanya flyover. "Cuma masalahnya karena nggak ada tempat pembuangan," kata dia.

Selanjutnya, orang yang membuang sampah di jalan menyampaikan alasannya:

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Video Penampakan Sampah di Bawah Flyover Ciputat"
[Gambas:Video 20detik]