Polisi: Saksi Bilang Tamu Pesta Dihadiri Raffi Ahmad Jalani Swab Antigen

Yogi Ernes - detikNews
Kamis, 14 Jan 2021 18:52 WIB
Aparat datangi rumah yang menggelar pesta dan dihadiri sejumlah tokoh, salah satunya Raffi Ahmad.
Aparat mendatangi rumah yang menggelar pesta dan dihadiri sejumlah tokoh, salah satunya Raffi Ahmad. (Foto: Dok. Istimewa)
Jakarta -

Polisi menyelidiki dugaan pelanggaran protokol kesehatan dari sebuah pesta yang dihadiri oleh sejumlah publik figur, salah satunya Raffi Ahmad. Kapolsek Mampang Prapatan Kompol Sujarwo mengatakan pesta tersebut dihadiri oleh 18 orang tamu.

Sujarwo mengatakan, berdasarkan keterangan saksi, tamu yang hadir sudah menjalani swab. Namun polisi masih membutuhkan bukti pendukung dari keterangan saksi.

"Keterangan beberapa saksi di situ melalui prokes lah melalui swab antigen karena pada saat saya ke kantornya untuk klarifikasi diswab antigen juga. Keterangan beberapa saksi di situ (para tamu) melalui prokes (protokol kesehatan) melalui swab antigen. Keterangan saksi si satpam bilang memang melalui protokol kesehatan, swab antigen. Kami tadi minta bukti-bukti pendukung," kata Sujarwo saat dihubungi detikcom, Kamis (14/1/2021).

Sujarwo menyebut pemilik rumah sedang tidak ada di lokasi saat petugas mendatangi rumah penyelenggara pesta. Sekuriti rumah mengatakan acara dimulai pada Rabu (13/1) pukul 20.30 WIB. Acara disebutkan hanya berlangsung satu jam.

Sujarwo menuturkan pihaknya masih terus mengumpulkan keterangan dan bukti-bukti dari dugaan pelanggaran protokol kesehatan di pesta tersebut. Namun dia mengatakan sejauh ini belum ada rekaman kamera CCTV di lokasi yang bisa dijadikan bukti petunjuk oleh petugas.

"Kami masih mengumpulkan (bukti-bukti) karena di situ tidak ada CCTV. Kan kami masih butuh CCTV untuk mendukung," terangnya.

Diberitakan sebelumnya, Raffi Ahmad, salah satu selebritis yang diberi kesempatan vaksin perdana di Istana Kepresidenan, kedapatan ikut pesta setelah divaksinasi.

Keberadaan Raffi di sebuah pesta, Rabu (13/1) kemarin, diketahui dari berbagai unggahan IG Story sejumlah selebriti, seperti di akun @anyageraldine dan akun IG Raffi sendiri, @raffinagita1717.

Dalam acara itu, Raffi bersama teman-teman artisnya tampak tak mengenakan masker. Mereka juga tampak tidak menjaga jarak saat berfoto. Foto-foto Raffi Ahmad tanpa menerapkan protokol kesehatan berupa menjaga jarak dan memakai masker.

Raffi Ahmad sendiri telah buka suara terkait ikut serta dirinya dalam pesta setelah divaksinasi Corona perdana. Raffi Ahmad meminta maaf atas tindakannya.

Permintaan maaf itu disampaikan Raffi Ahmad pada akun Instagram-nya, Kamis (14/1/2021). Raffi Ahmad mulanya menyampaikan permintaan maafnya kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan seluruh masyarakat Indonesia.

"Terkait peristiwa tadi malam, di mana saya terlihat berkumpul dengan teman-teman tanpa masker dan tanpa jaga jarak, pertama saya minta maaf yang sebesar-besarnya kepada Presiden Republik Indonesia Bapak @jokowi, Sekretariat Presiden, KPCPEN, dan juga kepada seluruh masyarakat Indonesia atas peristiwa tersebut," tutur Raffi Ahmad.

Raffi Ahmad menjelaskan, peristiwa yang terjadi semalam merupakan keteledoran dan kesalahannya. Dia pun berjanji ke depannya akan lebih mematuhi protokol kesehatan.

"Jujur bahwa kejadian tadi malam adalah murni karena keteledoran saya, karena kesalahan saya. Ke depan, saya akan lebih menaati protokol kesehatan 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan). Saya juga berharap teman-teman dan seluruh masyarakat Indonesia agar terus menjalankan protokol kesehatan, meskipun vaksinasi sedang berjalan. Vaksin dan protokol kesehatan adalah satu kesatuan," paparnya.

(ygs/idn)