Camat Kebayoran Baru: Raffi Ahmad Pesta di Rumah Tinggal, Susah Ditindak

Tiara Aliya - detikNews
Kamis, 14 Jan 2021 12:53 WIB
Raffi Ahmad divaksin COVID-19
Raffi Ahmad saat akan divaksinasi Corona (Foto: dok. channel YouTube Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Camat Kebayoran Baru Tomy Fudyhartono angkat bicara perihal pesta di kawasan Prapanca, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, yang dihadiri Raffi Ahmad setelah divaksinasi Corona. Tomy mengatakan pesta tersebut sulit ditindak lantaran digelar di rumah tinggal.

"Ya dia kan bukan tempat usaha ya, dia rumah tinggal. Kalau rumah tinggal, kalau besoknya nggak ada, kan ya agak susah. Lagi pula rumah tinggal mau ditindak apanya? Kalau tempat usaha mungkin tempat usahanya bisa kita tutup. Kalau rumah tinggal, kita kan belum ada aturannya untuk kegiatan yang seperti itu. Kalau tempat usaha bisa kita tindak karena melebihi kapasitas. Kalau tempat tinggal kita mau segel, apa yang mau disegel," kata Tomy saat dihubungi pada Kamis (14/1/2021).

Tomy menjelaskan saat ini belum ada aturan yang mengatur sanksi kerumunan di rumah tinggal. Menurutnya, sanksi yang bisa diberikan hanya berupa teguran.

"Sementara ini sih PSBB yang sekarang sanksinya hanya tempat usaha sama tempat-tempat umum. Kalau tempat pribadi kelihatannya belum diatur," ujarnya.

"iya ditegur, dikasih tahu zamannya sekarang lagi PSBB, ikutilah, nggak usah kumpul-kumpul. Paling begitu," imbuh Tomy.

Selain itu, Tomy mengaku kesulitan untuk menindak lantaran peristiwanya sudah berlalu. Namun dia memastikan akan melakukan pengecekan terkait pesta tersebut.

"Kalau kegiatannya sudah lewat, kita agak kesulitan," ujarnya.

Lebih lanjut Tomy juga mengungkapkan, pihaknya tidak pernah menerima laporan akan diadakannya kegiatan di tempat tersebut. "Kedua, dia juga nggak laporan. Nggak mungkin dia laporan daerahnya kan rumahnya besar semua dan memang agak sepi jalannya, rumah besar," kata Tomy.

Diberitakan sebelumnya, artis Raffi Ahmad jadi sorotan gegara ikut pesta setelah divaksinasi perdana dalam program pemerintah. Keberadaan Raffi di sebuah pesta, Rabu (13/1) kemarin, diketahui dari berbagai unggahan IG Story sejumlah selebriti, seperti di akun @anyageraldine dan akun IG Raffi sendiri, @raffinagita1717.

Dalam acara itu, Raffi bersama teman-teman artisnya tampak tak mengenakan masker. Mereka juga tampak tidak menjaga jarak saat berfoto. Foto-foto Raffi Ahmad tanpa menerapkan protokol kesehatan pun viral di media sosial.

Kapolsek Kebayoran Baru Kompol Supriyanto mengungkapkan pesta itu digelar di sebuah rumah pribadi di daerah Prapanca, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Raffi Ahmad sendiri sudah meminta maaf kepada masyarakat Indonesia dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) atas tindakannya. Dia juga berjanji akan mematuhi protokol kesehatan ke depannya.

"Jujur bahwa kejadian tadi malam adalah murni karena keteledoran saya, karena kesalahan saya. Ke depan saya akan lebih mentaati protokol kesehatan 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan). Saya juga berharap teman-teman dan seluruh masyarakat Indonesia agar terus menjalankan protokol kesehatan, meskipun vaksinasi sedang berjalan. Vaksin dan protokol kesehatan adalah satu kesatuan," kata Raffi Ahmad dalam akun Instagramnya, Kamis (14/1/2021).

Tonton video "Ke Pesta Usai Divaksin, Raffi Ahmad: Saya Mohon Maaf" di sini:

[Gambas:Video 20detik]



(mae/mae)