Round-Up

Rektor hingga Dosen USU Terjerat Isu Plagiat

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 13 Jan 2021 23:04 WIB
USU/Jefris Santama
Gedung USU (USU/Jefris Santama)

Dugaan plagiat oleh akademisi USU sebelumnya juga sempat dilaporkan ke Kemendikbud dan telah ditindaklanjuti oleh USU. Rektor USU Prof Runtung telah membentuk tim untuk mengusut dugaan plagiat oleh salah satu dosen itu.

"Tim telah menelusuri dan menelaah seluruh dokumen yang terkait dengan permasalahan tersebut. Tim telah melaporkan seluruh rangkaian kegiatan yang terkait dengan tugas tersebut kepada Beliau (Rektor USU)," kata Jonner dalam siaran pers USU yang diterima di Medan, Jumat (18/12/2020), seperti dilansir Antara.

Jonner menegaskan tindakan plagiarisme akan merusak nama baik dan reputasi perguruan tinggi. Apalagi, dia menyebut USU telah meraih berbagai prestasi selama 5 tahun terakhir.

"USU selama 5 tahun terakhir ini telah menorehkan prestasi secara nasional dan internasional. Tentunya hal tersebut tidak kita inginkan, USU tiba-tiba jatuh hanya karena persoalan plagiarisme," kata Jonner.

"Jika informasi tersebut benar, tentu hal ini sangat berdampak terhadap kredibilitas USU sebagai institusi penyelenggara pendidikan tinggi yang sangat menjunjung tinggi etika dan kejujuran akademik," tambahnya.

Tuduhan plagiarisme ini diduga dilakukan seorang dosen dalam bentuk karya ilmiah yang dibuat untuk kepentingan naik jabatan. Kasus dugaan plagiarisme ini mencuat setelah ada laporan warga ke surel Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Halaman

(lir/man)