USU Bentuk Tim Usut Tuduhan Plagiarisme Karya Ilmiah

Antara - detikNews
Jumat, 18 Des 2020 11:08 WIB
USU/Jefris Santama
Kampus USU (dok detikcom)
Jakarta -

Universitas Sumatera Utara (USU) membentuk tim untuk menyelidiki tuduhan ada anggota sivitas akademikanya yang melakukan plagiarisme. Tim tersebut telah melakukan penelusuran terkait karya ilmiah yang dimaksud.

Ketua Tim Penelusuran USU, Dr Jonner Hasugian, menjelaskan pihaknya telah menelusuri artikel-artikel dalam jurnal terkait dengan tuduhan plagiarisme tersebut sejak 10 Desember 2020.

"Tim telah menelusuri dan menelaah seluruh dokumen yang terkait dengan permasalahan tersebut. Tim telah melaporkan seluruh rangkaian kegiatan yang terkait dengan tugas tersebut kepada Beliau (Rektor USU)," kata Jonner dalam siaran pers USU yang diterima di Medan, Jumat (18/12/2020), seperti dilansir Antara.

Ketua Tim Penelusuran Dugaan Plagiarisme Universitas Sumatera Utara (USU) Dr Jonner Hasugian, M.Si. (ANTARA/HO USU)Ketua Tim Penelusuran Dugaan Plagiarisme Universitas Sumatera Utara (USU) Dr Jonner Hasugian, M.Si. (Antara/HO USU)

Dia menegaskan tindakan plagiarisme akan merusak nama baik dan reputasi perguruan tinggi. Apalagi, katanya, USU telah meraih berbagai prestasi selama 5 tahun terakhir.

"USU selama 5 tahun terakhir ini telah menorehkan prestasi secara nasional dan internasional. Tentunya hal tersebut tidak kita inginkan, USU tiba-tiba jatuh hanya karena persoalan plagiarisme," kata Jonner.

"Jika informasi tersebut benar, tentu hal ini sangat berdampak terhadap kredibilitas USU sebagai institusi penyelenggara pendidikan tinggi yang sangat menjunjung tinggi etika dan kejujuran akademik," tambahnya.

Tuduhan plagiarisme ini diduga dilakukan seorang dosen dalam bentuk karya ilmiah yang dibuat untuk kepentingan naik jabatan. Kasus dugaan plagiarisme ini mencuat setelah ada laporan warga ke surel Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

(jbr/haf)