Round-Up

Aktivitas 15 Hari Habib Rizieq Berujung Hattrick Status Tersangka

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 12 Jan 2021 07:00 WIB
FPI Dibubarkan
Foto: Habib Rizieq (Ilustrasi: Luthfy Syahban)
Jakarta -

Habib Rizieq Shihab menjadi tersangka pada tiga kasus berbeda dalam rentang aktivitas selama 15 hari. Aktivitas selama 15 hari ini pun mengantarkan Habib Rizieq menjadi tersangka dalam tiga kasus berbeda.

Sebagaimana diketahui, Habib Rizieq menjadi tersangka dalam tiga kasus berbeda. Ketiganya terkait dengan tiga aktivitas Habib Rizieq ketik baru saja pulang dari Arab Saudi.

Habib Rizieq menjadi tersangka dalam kasus kerumunan Petamburan, kerumunan Megamendung, hingga tes swab di RS UMMI. Jika dihitung sejak kerumunan di Megamendung, Bogor, maka ada rentang waktu 15 hari sampai kasus penolakan swab.

Berikut ini rangkaian aktivitas Habib Rizieq:

1. Kerumunan Megamendung, 13 November 2020

Awalnya kerumunan di Megamendung ini terjadi saat Habib Rizieq Shihab mengunjungi Markaz Syariah Agrokultural, Bogor, Jumat (13/11/2020). Saat itu massa ramai-ramai menyambut kedatangan Habib Rizieq setelah beberapa hari pulang dari Mekah.

Dalam kegiatan itu terjadi kerumunan massa. Sebagian massa bahkan ada yang tak mengenakan masker. Kasus itu kemudian diusut oleh Polda Jawa Barat dan Bareskrim.

Bareskrim Polri kemudian menetapkan Habib Rizieq sebagai tersangka. "Rizieq tersangkanya," kata Dirtipidum Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian Djajadi di Komnas HAM, Jakarta Pusat, Rabu (23/12/20202).

Penetapan Habib Rizieq sebagai tersangka tersebut berdasarkan hasil gelar perkara yang dilakukan Polda Jabar pada Kamis, 17 Desember 2020.

Adapun alat bukti tersebut antara lain keterangan saksi hingga bukti petunjuk.


2. Kerumunan Petamburan, 14 November 2020

Acara Maulud Nabi dan akad nikah putri Habib Rizieq diselenggarakan pada 14 November di Petamburan, Jakarta Pusat. Acara ini memicu kerumunan besar.

Polisi pun menetapkan Habib Rizieq Shihab sebagai tersangka penghasutan dan melawan petugas dalam kasus kerumunan acara di Petamburan pada 10 Desember. Habib Rizieq kini resmi ditahan polisi pada 12 Desember.

Habib Rizieq ditahan di Rumah Tahanan (Rutan) Narkoba Polda Metro Jaya. Habib Rizieq menjalani penahanan untuk 20 hari pertama sejak 12 Desember hingga 31 Desember 2020.

Selama menjalani pemeriksaan Habib Rizieq dicecar 84 pertanyaan oleh penyidik. Pemeriksaan sebagai tersangka berlangsung sejak pukul 11.30 WIB hingga 22.00 WIB pada hari Sabtu (12/12).

Selanjutnya
Halaman
1 2