Pinangki Jalani Sidang Tuntutan di Kasus Suap Fatwa MA Hari Ini

Zunita Putri - detikNews
Senin, 11 Jan 2021 08:46 WIB
Pinangki Sirna Malasari kembali mengikuti sidang lanjutan kasus suap di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Senin (30/11/2020). Sidang menghadirkan 6 orang saksi.
Pinangki Sirna Malasari (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Hari ini, Pinangki Sirna Malasari akan mendengarkan tuntutan jaksa pada Kejaksaan Agung (Kejagung). Pinangki akan dituntut soal kasus suap berkaitan dengan fatwa Mahkamah Agung (MA) Djoko Tjandra dan tindak pidana pencucian uang (TPPU).

"Hari ini tuntutan terdakwa Pinangki Sirna Malasari di Pengadilan Tipikor Jakarta," ujar jaksa Nur Pamudji Yanuar Utomo kepada wartawan, Senin (11/1/2021).

Sidang digelar di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat. Rencananya sidang dimulai pukul 16.00 WIB.

Pinangki Sirna Malasari dalam sidang ini didakwa menerima suap berkaitan upaya hukum fatwa MA Djoko Tjandra yang saat itu menjadi buron hak tagih (cessie) Bank Bali. Pinangki disebut jaksa menguasai USD 450 ribu yang diduga berasal dari Djoko Tjandra.

Diketahui sebelum terjerat kasus, Pinangki tercatat sebagai jaksa. Dia pernah bertugas di Kejaksaan Negeri Cibinong, dan jabatan terakhir dia adalah Kasubag Pemantauan Evaluasi di Pembinaan Kejagung.

Kembali ke dakwaan, jaksa menyatakan pada 2019-2020, Pinangki yang saat itu masih berdinas sebagai jaksa, menyembunyikan atau menyamarkan asal-usul harta kekayaannya yang berasal dari kasus korupsi itu dengan cara menukarkan uang USD 337.600 di money changer atau senilai Rp 4,7 miliar.