Diteken Menhub, Ini 4 Aturan Perjalanan Dalam Negeri di Masa Pandemi

Muhammad Ilman Nafi'an - detikNews
Sabtu, 09 Jan 2021 16:40 WIB
Bandara Soekarno-Hatta mulai ramai didatangi penumpang menjelang libur Natal dan tahun baru. Beberapa penumpang datang untuk melakukan perjalanan ke luar negeri
Ilustrasi perjalanan orang (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menerbitkan empat surat edaran (SE) mengenai petunjuk pelaksanaan (juklak) perjalanan orang. Juklak itu berlaku untuk perjalanan moda transportasi darat, laut, udara, dan kereta api.

Juru bicara Kemenhub Adita Irawati mengatakan empat SE tersebut merujuk pada SE Satgas Penanganan COVID-19 Nomor 1 Tahun 2021. Empat SE Kemenhub berlaku pada 9-25 Januari 2021.

"Merujuk pada SE Satgas, SE Kemenhub ini diterbitkan untuk mengatur perjalanan orang di dalam negeri, dalam rangka mengantisipasi meningkatnya kasus positif COVID-19 di tingkat nasional. Ini merupakan upaya mencegah dan memutus rantai penyebaran COVID-19 di dalam negeri," ujar Adita dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (9/1/2021).

Empat SE tersebut adalah SE 1 Tahun 2021 mengatur juklak transportasi darat, SE 2 Tahun 2021 untuk transportasi laut. Kemudian SE 3 Tahun 2021 untuk transportasi udara dan SE 4 Tahun 2021 untuk transportasi kereta api.

Adita mengatakan pelaksanaan SE tersebut dapat dievaluasi sewaktu-waktu. Perubahan itu akan menyesuaikan dengan kondisi di lapangan.

"Pelaksanaan SE ini dapat dievaluasi sewaktu-waktu, menyesuaikan dengan kondisi dan dinamika yang terjadi di lapangan," katanya.

Simak penjelasan lengkapnya di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2