KPK Jelaskan Kabar Anggaran Rp 800 Juta untuk Ruang Sidang Dewas

Farih Maulana Sidik - detikNews
Kamis, 07 Jan 2021 18:57 WIB
Ali Fikri
Ali Fikri (Foto: Ari Saputra)
Jakarta -

KPK memberikan penjelasan perihal kabar anggaran Rp 800 juta untuk pembuatan ruang sidang Dewan Pengawas (Dewas) KPK. KPK menyebut hal tersebut tidak benar.

"Berdasarkan informasi yang kami terima, tidak ada jumlah anggaran sebesar Rp 800 juta untuk pembuatan ruang sidang pada Dewas KPK," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri, kepada wartawan, Kamis (7/1/2021).

Ali menyebut pada anggaran KPK tahun 2020, ada pagu anggaran belanja modal sekitar Rp 881 juta. Namun, bukan untuk pembuatan ruang sidang Dewas KPK.

"Namun benar pada anggaran KPK tahun 2020, ada pagu anggaran belanja modal kurang lebih Rp 881 juta untuk keperluan renovasi ruang kerja gedung pada ACLC KPK di Kav C1 khususnya lantai 6," ujar Ali.

Dia menjelaskan di tahun 2020 telah ditetapkan pemenang tender pelaksanaan renovasi tersebut. Nilai kontraknya sekitar Rp 264,9 juta.

"Dan sudah selesai dikerjakan, di antaranya pekerjaan renovasi mushola, pembuatan 3 ruang rapat kecil dan ruang sidang," katanya.

Senada dengan Ali, informasi terkait anggaran Rp 800 juta untuk pembuatan ruang sidang Dewas KPK juga dibantah oleh Ketua Dewas KPK Tumpak Hatorangan Panggabean. Menurut Tumpak, Dewas tidak pernah mengusulkan anggaran teraebut.

"Dewas tidak pernah mengusulkan anggaran yang berhubungan dengan pembangunan, hanya anggaran kegiatan operasional. Jadi informasi yang disampaikan nggak benar," pungkasnya.

(fas/knv)