Satpol PP DKI soal Temuan Risma: Selama Ini Tak Ada Tunawisma di Thamrin

Matius Alfons - detikNews
Kamis, 07 Jan 2021 09:31 WIB
Risma blusukan di Kawasan Sudirman-Thamrin (dok. Kemensos)
Mensos Risma blusukan di kawasan Sudirman-Thamrin (Foto: dok. Kemensos)

Tak hanya itu, Arifin mengaku pihaknya beberapa hari lalu menjangkau sejumlah PMKS di wilayah Menteng. Menurutnya, kegiatan tersebut rutin dilakukan bersama Dinsos DKI Jakarta selama ini.

"Iya, sebenarnya kita selalu bersama dengan Dinas Sosial, di mana ada tempat tempat yang terjadi adanya gelandangan ya, itu pasti ada dilakukan pembinaan oleh dinas sosial. Kan ada pantinya juga, ada tempatnya. Rutin itu dilakukan, terakhir beberapa hari kemarin saja, dua hari yang lalu kalau nggak salah," imbuhnya.

Seperti diketahui, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta Kadinsos DKI Irmansyah mengecek tunawisma yang ditemui Mensos Tri Rismaharini (Risma) di kawasan Sudirman-Thamrin. Kemensos menyebut dua orang tunawisma tersebut sedang menjalani pelatihan keterampilan di Balai Rehabilitasi Sosial Bina Karya, Pengudi Luhur, Bekasi.

"Silakan saja, itu kan orang itu kan Pak Kastubi dengan Muhammad Faisal ya itu ada di Bekasi, silakan kalau mau dicek itu Balai Rehabilitasi Sosial Bina Karya Bekasi, Jalan Joyo Martono, boleh silakan. Saya sudah konfirmasikan ke tempat di sana. Silakan, monggo dicek, nanti supaya betul atau tidak," kata Kepala Bagian Publikasi dan Pemberitaan Kemensos Herman Koswara kepada wartawan, Rabu (6/1/2021).

Herman mengatakan dua orang tunawisma itu bukanlah warga DKI Jakarta. Satu di antaranya berasal dari Asahan, Sumatera Utara.

"Pak Muhammad Faisal itu orang Asahan, Sumatera Utara. Bukan (warga DKI), Pak Kastubi lupa warga mana. Pak Kastubi 59, Pak Faisal 40 lebihlah usianya. Masih di Bekasi, dilatih keterampilan," kata dia.

Herman juga menanggapi pernyataan Wagub DKI Ahmad Riza Patria yang mengatakan baru mengetahui ada tunawisma di kawasan Sudirman-Thamrin. Herman menyebut begitulah fakta yang ditemukan oleh Mensos Risma.

"Kalau Kemensos menanggapi hal itu kita faktanya seperti itu, faktanya memang Ibu Menteri memang istilahnya ada tunawisma kan seperti itu," tutur dia.


(maa/fjp)