ADVERTISEMENT

Round-Up

Beda Jumlah Undangan Pernikahan Anak HRS Terungkap di Praperadilan

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 05 Jan 2021 07:30 WIB
Sidang perdana praperadilan Habib Rizieq Shihab atas status tersangkanya dalam kasus penghasutan kerumunan di Petamburan berlangsung di Pengadilan Jakarta Selatan, Senin (4/1/2021). Tampak hadir kuasa hukum HRS, Muhammad Kamil Pasha dan Alam Syah. Perwakilan dari pihak Polda Metro Jaya juga hadir dalam persidangan. Sidang dipimpin hakim ketua Akhmad Sahyuti. Peserta yang dapat masuk dalam ruang sidang pun dibatasi, hanya pihak pengacara yang dapat memasuki ruangan.
Sidang praperadilan perdana Habib Rizieq (Foto: Grandyos Zafna)
Jakarta -

Perbedaan jumlah undangan pernikahan putri Habib Rizieq Shihab (HRS) di Petamburan, Jakarta Pusat, terungkap di sidang praperadilan. Pihak Habib Rizieq mengklaim hanya 17 undangan yang terkirim.

Sidang praperadilan perdana Habib Rizieq terkait kasus penghasutan kerumunan di Petamburan, itu digelar di PN Jaksel, Senin (4/1/2021). Kuasa hukum Habib Rizieq menyebut undangan dibuat terbatas.

"Terkait pernikahan tersebut, pemohon dan keluarga hanya membuat undangan terbatas, dan yang terkirim hanyalah 17 undangan," ujar kuasa hukum Habib Rizieq, Muhammad Kamil Pasha.

Sebelum itu, pihak Habib Rizieq juga sempat menyampaikan beragam pernyataan mengenai acara pernikahan yang berbarengan dengan kegiatan Maulid Nabi SAW itu. Berikut di antaranya:

Pihak Habib Rizieq Janji Terapkan Protokol Kesehatan

Panitia pernikahan anak Habib Rizieq Shihab, Syarifah Najwa Shihab, berjanji menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19. Mereka juga sudah mengimbau tamu untuk jaga jarak saat hadir di acara tersebut.

"Saat ini juga kita sebagai panitia ingin secara maksimal menjalankan protokol kesehatan, di antaranya kita mesti mencuci tangan dengan hand sanitizer. Ini juga dari kelurahan sudah disediakan toren-toren untuk cuci tangan. Kemudian juga kita jangan berjabatan tangan, jaga jarak," jelas ketua panitia maulid dan pernikahan, Haris Ubaidillah, di Petamburan, Sabtu (14/11/2020).

Slamet Ma'arif Sebut Ulama dan Habaib Diundang

Ketua Umum PA 212 Slamet Ma'arif mengungkapkan, para ulama dan habib diundang dalam acara pernikahan putri Habib Rizieq. Sementara untuk acara Maulid, Slamet mengatakan panitia tidak memberikan undangan khusus kepada tokoh-tokoh nasional mengingat acara terbuka untuk umum.

"Kalau ulama-ulama, habaib kita undang seperti Habib Ali yang Tebet, kemudian Abah Raid dan sebagainya. Tapi kalau tokoh-tokoh nasional karena ini sifatnya umum, kita nggak memberikan undangan khusus kepada siapa pun tapi kalau ada tokoh-tokoh yang hadir pasti akan kita terima, kita sambut untuk bisa ke panggung. Jadi sampai hari ini kita belum tahu konfirmasi tokoh-tokoh nasional siapa yang hadir," tutur Slamet di markas DPP FPI, Jalan Petamburan III, Jakarta Pusat, Sabtu (14/11/2020).

Tonton video 'Pengacara Nilai Pasal Penghasutan untuk Habib Rizieq Janggal':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT