Benda Diduga Drone Ditemukan di Selayar, PKS Beri PR ke Prabowo

Dwi Andayani - detikNews
Minggu, 03 Jan 2021 12:19 WIB
Sukamta, Sekretaris Fraksi PKS DPR RI
Foto: Ristu Hanafi/detikcom

"Ketegangan di Laut Cina Selatan yang melibatkan Cina, Amerika Serikat, Australia, dan beberapa negara ASEAN pasti akan berimbas ke keamanan wilayah Indonesia. Wilayah Indonesia yang berada di zona ketegangan bisa dimanfaatkan oleh negara lain yang sedang berkonflik. Tentu kita tidak mau wilayah kita diobok-obok pihak asing. Oleh sebab itu, kewaspadaan harus ditingkatkan dengan melalukan patroli secara ketat," kata Sukamta.

Sukamta menilai drone yang ditemukan telah masuk sangat dalam ke wilayah Indonesia. Karena itu, pemerintah diminta serius mengungkap asal-usul drone tersebut.

"Drone bawah air tersebut sudah masuk sangat dalam ke wilayah Indonesia. Ini sinyal bahwa selama ini wilayah laut kita sangat mudah diterobos pihak asing. Sangat mungkin selama ini sudah banyak drone yang berkeliaran di wilayah Indonesia dan mengambil data-data penting geografis dan potensi laut Indonesia. Artinya, keamanan nasional kita sangat rentan. Pemerintah harus serius mengungkap asal-usul drone tersebut," pungkasnya.

Diketahui sebelumnya, seorang nelayan Saeruddin menemukan sebuah benda yang merupakan drone pengintai di perairan Kabupaten Selayar, Sulawesi Selatan, ketika hendak menangkap ikan. Saeruddin langsung memberikannya ke Polri maupun TNI AL. Jalur penemuan drone disebut merupakan jalur perairan tersibuk di Indonesia, sementara dua drone pengintai lainnya ditemukan di dekat Selat Sunda dan wilayah Lombok.

Halaman

(dwia/imk)