Koramil Sudah Serahkan Benda Diduga Drone di Laut Selayar ke TNI AL

Hermawan Mappiwali - detikNews
Selasa, 29 Des 2020 14:36 WIB
Sebuah benda asing mirip rudal dan terpasang kamera ditemukan oleh seorang nelayan, Saeruddin (60), di laut Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan. Benda itu kini sudah diamankan pihak TNI.
Benda diduga drone bawah laut di Selayar. (Foto: dok. Istimewa)
Selayar -

Komando Rayon Militer (Koramil) Pasimarannu, Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan (Sulsel), sudah menyerahkan benda berbentuk rudal terpasang kamera yang diduga drone bawah laut ke TNI AL. Benda itu sempat diamankan Koramil Pasimarannu dari tangan seorang nelayan Saeruddin yang menemukannya di tengah laut.

"Sudah diangkat kemarin, sudah diangkat (diserahkan ke TNI AL)," ujar Danramil Pasimarannu Kapten Inf Syamsuddin kepada detikcom, Selasa (29/12/2020).

Kapten Syamsuddin menyebut pihaknya menerima perintah langsung dari Panglima TNI untuk menyerahkan benda diduga drone bawah laut itu ke TNI AL. Selanjutnya kapal perang milik TNI AL pada Sabtu (26/12) lalu sempat merapat ke Selayar untuk mengambil benda tersebut.

"Perintah langsung Panglima TNI melalui Lantamal (VI Makassar) dan Lantamal langsung jemput ke sini. Kita tidak tahu apakah langsung dibawa ke Jakarta atau ke Makassar, atau ke Surabaya atau di mana, jadi kita nggak tahu," imbuhnya.

Syamsuddin menegaskan pihak Koramil hanya mengamankan barang tersebut dan tidak melakukan pendalaman lebih jauh.

"Jadi kita cuma serah terima saja, memang perintah dari pimpinan kita seperti itu. Kemarin diserahterimakan, barang itu, sudah sejak hari Sabtu," katanya.

Sementara itu, TNI AL disebut tengah mendalami benda yang ditemukan nelayan Saeruddin saat melaut. Benda yang memiliki bobot 175 kilogram dan panjang sekitar 225 sentimeter (cm) itu kini telah berada di Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut VI Makassar (Lantamal VI Makassar).

"Masih didalami oleh jajaran TNI AL," kata Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen Achmad Riad saat dimintai konfirmasi, Selasa (29/12).

(nvl/idh)