Benda Diduga Drone Ditemukan di Selayar, PKS Beri PR ke Prabowo

Dwi Andayani - detikNews
Minggu, 03 Jan 2021 12:19 WIB
Sukamta, Sekretaris Fraksi PKS DPR RI
Foto: Ristu Hanafi/detikcom
Jakarta -

Benda asing diduga kapal nirawak (drone) ditemukan di laut Selayar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Anggota Komisi I DPR RI Fraksi PKS Sukamta menyebut masalah ini menjadi tugas Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mendorong percepatan pengembangan teknologi penginderaan jarak jauh.

"Ini pekerjaan rumah Pak Menhan untuk mendorong percepatan pengembangan teknologi penginderaan jarak jauh," kata Sukamta dalam keterangan tertulis, Minggu (3/1/2021).

Sukamta mengatakan pengembangan ini dapat dilakukan dengan menjalin kerja sama dengan negara lain. Pemerintah juga disebut perlu memperbaiki sistem keamanan teritori.

"Indonesia bisa melalukan kerjasama dengan beberapa negara lain untuk alih teknologi selain tentunya dengan mendorong riset nasional untuk pengembangan teknologi yang mendukung sistem pertahanan yang andal. Lebih dari itu pemerintah perlu segera perbaiki sistem keamanan teritori, agar kejadian drone yang menyelundup ini tidak terulang lagi," tuturnya.

Wakil Ketua Fraksi PKS ini juga meminta TNI AL memperkuat patroli laut di pintu-pintu masuk wilayah Indonesia. Menurutnya, hal ini dilakukan untuk meningkatkan kewaspadaan.

Tonton juga 'Pemanfaatan Drone di Tengah Merebaknya Virus Corona':

[Gambas:Video 20detik]

Selanjutnya
Halaman
1 2