Pria Ngaku Teroris-Ancam Bom Masjid di Makassar Ditangkap

Hermawan Mappiwali - detikNews
Kamis, 31 Des 2020 01:34 WIB
Imam di Makassar Ditelepon Pria Ngaku Teroris, Gegana Turun Tangan. (Istimewa)
Foto: Imam di Makassar Ditelepon Pria Ngaku Teroris (Istimewa)
Makassar -

Identitas pria misterius yang menelepon imam masjid kemudian mengaku teroris di Kota Makassar, terungkap. Dia adalah pemuda bernama Zulkifli (21) dan kini telah ditangkap polisi.

"Sudah ada pelakunya diamankan," kata Kanit Reskrim Polsek Makassar Iptu Syamsul kepada detikcom di lokasi, Rabu (30/12/2020).

Iptu Syamsul mengatakan, pelaku ditangkap di Jalan AP Pettarani, Makassar, tidak lama setelah tim Gegana Brimob Polda Sulsel turun tangan ke lokasi. Polisi kini masih melakukan pemeriksaan terhadap Zulkifli di Polrestabes Makassar.

"Sekarang penanganan kasusnya diambil alih Polrestabes," katanya.

Diberitakan sebelumnya, imam masjid Mujahidin, Ila H Muhammad (53) datang ke kantor polisi lantaran diteror pelaku. Pelaku disebutnya mengaku teroris dan akan meledakkan masjid.

Masjid yang diancam akan diledakkan pelaku adalah masjid Mujahidin di Jalan Maccini Sawah, Kecamatan Makassar, Kota Makassar. Kepada sang imam, pelaku mengaku telah menyimpan bom di dekat mimbar dan akan segera meledakkannya, yakni saat waktu isya.

Namun Tim Gegana Brimob yang turun tangan ke lokasi tidak menemukan bom atau benda berbahaya. Teror ada bom di masjid tersebut kemudian dipastikan sebagai berita bohong alias hoaks.

"Nanti kita ungkap lebih lanjut apa motif pelaku melakukan perbuatan ini," pungkas Syamsul.

(lir/lir)