Sempat Viral Salat Pakai Seragam SMA, Kakek 90 Tahun di Bone Kini Dapat Rumah

Hermawan Mappiwali - detikNews
Senin, 28 Des 2020 12:41 WIB
Kakek Sakka yang sempat viral mengenakan seragam SMA saat salat kini mendapat rumah baru (dok. Istimewa).
Kakek Sakka yang sempat viral mengenakan seragam SMA saat salat kini mendapat rumah baru. (Foto: dok. Istimewa)
Bone -

Setelah beberapa waktu lalu viral karena aksinya salat Idul Adha pakai seragam SMA, kakek Sakka (90) di Bone, Sulawesi Selatan, banjir donasi. Uang senilai Rp 154 juta dari hasil donasi tersebut digunakan untuk membangun rumah baru untuk sang kakek.

Peristiwa viralnya Kakek Sakka bermula saat seorang siswi SMA, A Salsabilah Sahlaa (15), melaksanakan salat Idul Adha di kampung halaman orang tuanya di Palattae, Kecamatan Kahu, Bone, pada 31 Juli lalu. Saat itulah Salsabilah melihat Kakek Sakka salat tapi dengan mengenakan seragam SMA sehingga Salsabilah pun merekam sang kakek dan viral di media sosial (medsos).

"Jadi sejak video itu viral terus banyak yang mau donasi," kata Salsabilah saat berbincang dengan detikcom, Senin (28/12/2020).

Tangkapan layar video viral Kakek Sakka salat Idul Adha menggunakan seragam SMA (dok. Istimewa).Tangkapan layar video viral Kakek Sakka salat Idul Adha menggunakan seragam SMA. (Foto: dok. Istimewa).

Donasi-donasi awalnya hanya datang dari orang-orang sekitar Kakek Sakka atau juga dari orang sekitar Salsabilah. Tapi belakangan donasi semakin terus berdatangan bahkan dari luar Kabupaten Bone.

"Jadi saya buka donasi lewat rekening Mama. Terus beberapa hari kemudian ada juga platform besar seperti kita bisa dan sayaphati, kemudian dari situ semua terkumpul Rp 154 juta, begitu," jelas Salsabilah.

Karena banyaknya donasi yang terkumpul, Salsabilah dan para donatur akhirnya sepakat untuk membangun rumah buat Kakek Sakka.

"Karena kebetulan rumahnya kan tidak terlalu memungkinkan, terus yang donatur-donatur juga begitu, sarannya dibangunkan rumah," tutur Salsabilah.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2