Urban Legend

Sukmo Ilang, Kisah Hilangnya Puluhan Kuli di Balik Mitos di Deli Serdang

Datuk Haris Molana - detikNews
Minggu, 27 Des 2020 09:13 WIB
Suasana di Desa Kolam lokasi misteri Sukmo Ilang (Datuk Haris-detikcom)
Foto: Suasana di Desa Kolam lokasi misteri Sukmo Ilang (Datuk Haris-detikcom)

Cuma Mitos

Sekretaris Prodi Antropologi Sosial FISIP Universitas Sumatera Utara (USU), Agustrisno, mengatakan cerita mistis yang muncul terkait Sukmo Ilang cuma sekadar mitos. Dia mengatakan mitos muncul ketika orang tidak menemukan jawaban terkait suatu peristiwa secara rasional.

"Ketika orang belum bisa memberikan jawaban yang sifatnya rasional dengan mitoslah manusia berupaya memperoleh jawabannya. Kalau Sukmo, adalah nama seseorang atau manusia yang memang dulu hidupnya berprofesi sebagai mandor kebun dan lenyap raib bersama beberapa pekerja yang lain. Satu versi menyatakan, di kalangan masyarakat ada yang memberikan jawaban bahwa mereka dibawa oleh pemerintah atau tuan kebun ke tempat atau di daerah lain dimungkinkan ke Suriname," ucapnya.

"Tanpa pengetahuan yang lain hilangnya mereka tanpa sepengetahuan mereka jadilah sebuah mitos, Sukmo Ilang. Jadi mitos ini adalah jawaban bagi mereka yang tidak rasional," sambungnya.

Bagi orang zaman dulu, katanya, mitos menjadi jawaban atas masalah yang tak bisa terjawab oleh akal. Dia mengatakan mitos ini masih dipercayai sebagian orang hingga saat ini.

"Bahkan hingga saat ini pengetahuan tentang mitos masih juga dipercayai untuk mencari penjelasan tentang sesuatu yang tidak bisa dipecahkan oleh akal pikirannya. Bahkan dipupuk dan disuburkan oleh bumbu-bumbu yang mungkin bisa dikaitkan untuk memperkuat mitos tersebut," tuturnya.

Halaman

(haf/dnu)