Urban Legend

Sukmo Ilang, Kisah Hilangnya Puluhan Kuli di Balik Mitos di Deli Serdang

Datuk Haris Molana - detikNews
Minggu, 27 Des 2020 09:13 WIB
Suasana di Desa Kolam lokasi misteri Sukmo Ilang (Datuk Haris-detikcom)
Foto: Suasana di Desa Kolam lokasi misteri Sukmo Ilang (Datuk Haris-detikcom)
Deli Serdang -

Pernahkah kendaraan anda mati mendadak tanpa sebab yang jelas di suatu tempat? Atau, pernahkah anda mendengar suara gamelan yang entah dari mana asalnya? Dua peristiwa itu disebut kerap terjadi di Desa Kolam, Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut).

Desa Kolam, yang berada di Percut Sei Tuan, Deli Serdang ini bisa dicapai dalam waktu sekitar 1 jam dari pusat Kota Medan jika menggunakan sepeda motor. Tiba di Desa Kolam, anda akan disambut gapura bertuliskan 'Sugeng Rawuh di Desa Kulam'.

Selintas tak ada hal aneh ketika detikcom mendatangi desa tersebut. Namun, cerita mistis seputar 'Sukmo Ilang' yang terjadi di Desa Kolam sudah keburu membuat bulu kuduk merinding.

Kisah mistis 'Sukmo Ilang' di Desa Kolam ini sudah menjadi cerita dari mulut ke mulut yang terus hidup di tengah masyarakat. Cerita Sukmo Ilang ini bermula dari adanya pembukaan lahan besar-besaran oleh Belanda di kawasan yang sekarang dikenal sebagai Percut Sei Tuan untuk ditanami tembakau deli pada era 1800 hingga 1900-an.

Minimnya jumlah penduduk untuk dijadikan kuli membuat pemerintah Hindia Belanda mendatangkan para pekerja dari pedalaman Jawa. Salah satunya adalah mandor bernama Sumo yang kemudian dikenal sebagai Sukmo. Mandor Sukmo ini memimpin puluhan orang untuk bekerja di perkebunan yang lokasinya mencakup Desa Saentis, sementara permukimannya berada di Desa Kolam.

Pada suatu hari, Sukmo raib entah ke mana. Dia menghilang secara misterius bersama puluhan pekerja. Puluhan orang itu hilang tanpa jejak. Ada versi yang menyebut mereka hilang karena dibawa ke dunia gaib. Dalam versi ini, Sukmo dan rekan-rekannya disebut meminta pertolongan ke kerajaan bunian agar bisa melawan penindasan terhadap para kuli dari dunia gaib. Sukmo dan rekan-rekannya tiba-tiba menghilang tanpa jejak saat bekerja di perkebunan pada siang hari.

Suasana di Desa Kolam lokasi misteri Sukmo Ilang (Datuk Haris-detikcom)Suasana di Desa Kolam lokasi misteri Sukmo Ilang (Datuk Haris-detikcom)

Cerita lainnya menyebut Sukmo dan rekan-rekannya menghilang dalam perjalanan pulang dari kebun. Warga yang sadar hilangnya Sukmo serta puluhan orang lainnya menjadi geger. Warga melakukan pencarian selama berhari-hari, namun Sukmo sudah terlanjur menghilang bak ditelan bumi.

Namun, ada juga masyarakat yang meyakini Sukmo dan puluhan pekerja lainnya dibawa ke Suriname untuk mengembangkan tembakau di daerah tersebut. Kisah Sukmo Ilang itu hingga kini masih menyisakan berbagai teka-teki yang tak terjawab. Sukmo Ilang juga kerap dikaitkan dengan kejadian mistis yang dialami orang-orang ketika berada di daerah Desa Kolam.

Kepala Dusun XII, Desa Kolam, Miswanto, bercerita tentang peristiwa mistis yang menjadi cerita turun temurun di wilayahnya. Meski sudah tak seseram dulu, katanya, masih ada peristiwa yang dikaitkan dengan mistis Sukmo Ilang hingga saat ini. Misalnya, orang-orang yang baru pertama masuk ke desa itu dan bersikap sombong akan berputar-putar seperti orang nyasar di dalam desa dan tak bisa pulang. Hal ini menjadi salah satu peristiwa yang dikaitkan dengan mistis Sukmo Ilang.

"Terus ada perkembangan proyek mungkin kalau di sini itu bukan industri, tapi perumahan. Karena kepentingan pembukaan lahan yang masih berkenaan dengan wilayah kami itu. Ada terjadi di desa sebelah itu Jalan Aceh dan kami juga di Jalan Sukmo ini karena mereka itu juga mungkin karena ketidaktahuannnya, mereka itu merasa bisa dan tidak mau bertanya detail tentang keadaan situasi di sini. Mengoperasikan alat berat. Alat beratnya mati, rusak, segala macam iya. Tapi kalau sampai seseram itu, kalau kita memang masuk niatnya baik, namanya kita, umumnya kita kalau ke tempat orang itu ya permisi, ya mudah-mudahan nggak ada apa-apa," ujar Miswanto. Sebagai informasi, nama Sukmo sendiri diabadikan menjadi nama jalan dan gang di dusun tempat Miswanto berada.

Peristiwa yang kerap dikaitkan dengan mistis Sukmo ilang disebut masih terjadi beberapa tahun terakhir. Misalnya saat ada pengerjaan lahan di wilayah perkebunan dengan menggunakan alat berat. Alat berat yang digunakan disebut kerap mati mendadak dan rusak tanpa sebab.

Berlanjut ke halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3