Deretan Kasus Pemerkosaan Jenazah Seperti Kekejian Pemuda Payakumbuh

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Minggu, 20 Des 2020 09:52 WIB
Ilustrasi Pembunuhan Pemerkosaan
Ilustrasi pembunuhan dan pemerkosaan (Mindra Purnomo/detikcom)

3. Meranti, Riau

Aksi keji serupa pernah dilakukan oleh dua pria di Meranti, Riau. Kedua pelaku memperkosa seorang janda muda setelah membunuhnya terlebih dahulu.

Kapolres Meranti AKPB Pandra Arsyad mengungkapkan hal itu kepada detikcom, Kamis (23/4/2015). Pandra menjelaskan kedua tersangka adalah Ih (17) dan Az (22). Korbannya adalah Romlah (25), seorang janda yang dibunuh lantas dikubur kedua tersangka.

Dalam pemeriksaan, Ih, yang merupakan anak putus sekolah, mengaku mereka berdua sama-sama membunuh janda tersebut. Ih selama ini memang menjalin asmara dengan janda tersebut, yang sama-sama warga Selatpanjang, ibu kota Kabupaten Meranti, Riau.

Pandra menjelaskan, setelah tersangka Ih mencekik leher janda dan dipastikan telah tewas, hasrat seks kedua tersangka memuncak. Ih mengaku dia bersama Az bergantian memperkosa mayat janda tersebut.

"Tapi saat kita konfrontir, Az masih membantah keterangan Ih. Kita masih melakukan pemeriksaan dengan pendekatan spiritual. Ya mungkin Az belum mau mengaku saat ini," kata mantan 'Abang Jakarta' itu.

Masih menurut Pandra, pengakuan Ih tega membunuh kekasihnya sendiri karena jengkel tidak mau diajak hubungan seks pada Minggu (19/4) malam itu. Padahal selama ini, setiap mereka kencan, Ih dan korban selalu berhubungan intim layaknya suami-istri.

4. Payakumbuh, Sumatera Barat

Kasus keji pemerkosaan jenazah yang terbaru terjadi di Payakumbuh, Sumatera Barat. Alim (19) tega membunuh kekasihnya IPS (21) dan memperkosa jenazahnya. Alim sempat menghubungi kakak dan ayahnya setelah melakukan perbuatan kejinya.

"Tersangka sempat menelepon kakaknya dan mengatakan dia telah membunuh seseorang," kata Kasat Reskrim Polres Payakumbuh AKP Mochammad Rosidi kepada detikcom, Sabtu (19/12/2020).

Alim tega membunuh kekasihnya, IPS, lantaran ditolak saat hendak bersetubuh. Setelah membunuh, Alim memperkosa jasad IPS dan meninggalkannya begitu saja di sebuah pondok dekat ladang ubi.

Mayat IPS ditemukan pada Rabu (9/12) di dekat jalan menuju ladang ubi di Linda Jorong Bumbuang, Situjuah Batua, Situjuah Limo Nagari, Payakumbuh, Sumatera Barat (Sumbar). Rosidi menuturkan jasad IPS kemudian dievakuasi dan diautopsi.

"Sesuai hasil autopsi dan visum korban, itu terdapat luka tak beraturan pada alat vital dan dubur korban, terdapat luka robek. Hasil visum menunjukkan korban mengalami kekerasan seksual, pemerkosaan," jelas Rosidi.

Dari hasil autopsi pula, diketahui IPS tewas karena cekikan Alim. Polisi mengatakan cekikan Alim membuat saluran pernapasan IPS tersumbat dan tewas.

Polisi yang melakukan penyidikan menaruh kecurigaan kepada Alim. Sepekan pascapembunuhan, aparat Polres Payakumbuh menangkap Alim di Bukittinggi, Sumbar.

Alim mengaku berkenalan dengan IPS tiga bulan lalu di Facebook. Dia mengaku sudah memiliki niat menyetubuhi korban saat bertemu.


(rdp/imk)