Cerita Wagub DKI Saat Kena Corona: Nafsu Makan Jadi Tinggi

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Jumat, 18 Des 2020 16:40 WIB
Wagub DKI Ahmad Riza Patria
Foto: Wagub DKI Ahmad Riza Patria
Jakarta -

Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria telah dinyatakan sembuh dari virus Corona (COVID-19). Ariza, sapaan akrabnya, menceritakan apa yang dia alami saat tertular Corona.

Ariza membeberkan, sebelumnya, ia sedang menjalani program diet ketat dan tidak makan nasi. Namun, selama menjalani isolasi mandiri, Ariza menyebut bisa makan nasi 4-5 kali sehari.

"Ya sejak saya kena, tentu saya mengikuti arahan daripada ilmu kedokteran, dari Dinas Kesehatan terus memberikan perhatian. Saya ikuti arahan apa yang harus dilaksanakan, tidur yang cukup, berjemur, minum obat, vitamin, herbal. Dan memang saya ini kan maunya diet, langsing, selama ini tidak makan nasi. Sejak COVID, bisa 4-5 kali makan. Jadi nafsu makannya tinggi sekali," kata Riza dalam siaran langsung dari kanal YouTube BNPB, Jumat (18/12/2020).

Nafsu makan yang tinggi ternyata buah dari obat penambah nafsu makan yang diberikan dokter kepada Ariza selama masa penyembuhan. Selain itu, Ariza menjaga asupan nutrisi dan vitamin.

"Ternyata memang gitu, jadi dokter kasih obat nafsu makan jadi tinggi dan makan itu memang kunci. Jadi makan yang banyak, jaga asupan nutrisi untuk gizi semua vitamin," ungkapnya.

Ariza mengatakan banyak sekali menerima asupan obat virus Corona dari kerabat dekatnya selama terkena virus Corona. Bahkan, sebutnya, obat dari berbagai macam negara yang diberikan itu ia makan sekaligus.

"Semua rasa ini karena banyak teman yang ngirim obat itu banyak, mulai obat dari China, Korea, Jepang, sampai dari Swiss datang semua, obat herbal dari beberapa daerah masuk semua," katanya.

Ariza pun sempat kena tegur oleh dokter karena memakan obat secara bersamaan dalam satu waktu. Namun ia meyakini obat yang ia minum semuanya itu adalah baik untuk kesembuhannya.

"Saya sudah bismillah, saya anggap baik, saya minum, kata dokter, 'Waduh, Pak Wagub, kok semuanya diminum'. Ya sudah, saya yakin ada Allah dah sembuh," katanya.

(whn/imk)