Kenali Modus Penipuan Sindikat WN Nigeria, Memacari-Ngajak Bisnis

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Kamis, 17 Des 2020 18:21 WIB
Polres Bandara Soetta bongkar penipuan Nigerian scam yang melibatkan 3 WN Nigeria.
Polres Bandara Soetta bongkar penipuan Nigerian scam yang melibatkan 3 WN Nigeria. (Adhyasyta Dirgantara/detikcom)
Jakarta -

Tiga pria WN Nigeria dan 2 perempuan WNI ditangkap Polres Bandara Soekarno-Hatta atas penipuan modus Nigerian scam. Para pelaku memperdaya para korban untuk mengirimkan sejumlah uang dengan berbagai alasan.

Nigerian scam adalah sebuah bentuk kejahatan penipuan. Dinamakan Nigerian scam karena penipuan ini banyak berkaitan dengan WN Nigeria, tetapi juga banyak dilakukan organisasi di belahan dunia.

Ada banyak jenis penipuan modus Nigerian scam. Salah satu yang diungkap Polres Bandara Soekarno-Hatta adalah dengan dilakukan melalui media online.

Pelaku berkenalan dengan korban dari media sosial. Korban dan pelaku kemudian saling bertukar nomor WhatsApp sehingga terjadi komunikasi intens sampai keduanya menjalin asmara di dunia maya.

Dalam kasus ini, salah satu pelaku WN Nigeria bernama Ikechukwu alias Imanuel (DPO) yang mengaku bernama Carlos Sanchez, WN Amerika Serikat. Untuk meyakinkan korban, pelaku memasang foto pria bule berwajah tampan.

"Pelakunya dari orang-orang Nigeria. Bahkan dia menggunakan foto-fotonya supaya bagus, ada ganteng dikit. Jadi wanita-wanita banyak yang tergiur. Ini contoh satu, yang menggunakan akun Carlos Sanchez kemudian kasih DP-nya agak ganteng," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus dalam jumpa pers di Polres Bandara Soekarno-Hatta, Kamis (17/12/2020).

Dengan memasang foto pria bule berwajah tampan, pelaku menjerat korban. Korban dibuat 'tergila-gila' sehingga terbujuk untuk memberikan sejumlah uang kepada pelaku.

"Inilah bentuk rayuannya yang mereka lakukan kemudian wanita atau korban ini tergiur. Bahkan ada yang dipacari melalui dunia maya. Ada yang diajak berbisnis di dunia maya," lanjutnya.

'Carlos Sanchez' ini tentu saja tidak bekerja sendiri. Dia bekerja dengan 5 pelaku yang kemudian ditangkap polisi.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2