Pengacara: Pertemuan Nurhadi dengan Hakim Agung Tak Terkait Perkara

Zunita Putri - detikNews
Rabu, 16 Des 2020 22:40 WIB
Nurhadi akhirnya berhasil ditangkap KPK. Eks Dia dibekuk setelah buron selama hampir empat bulan. Berikut sejumlah proses pencarian eks Sekretaris MA tersebut.
Nurhadi. (Foto: dok detikcom)
Jakarta -

Pengacara Nurhadi, Muhammad Rudjito, mengamini adanya pertemuan antara kliennya dan tiga hakim agung, yaitu Sunarto, Purwosusilo, dan Abdul Manaf, yang baru dilantik pada 2018. Namun, Rudjito mengatakan pertemuan keduanya tidak membahas perkara sebagaimana yang didakwakan jaksa KPK.

"Jadi tadi ditegaskan memang ada pertemuan antara Pak Nurhadi dengan 3 orang hakim agung, yaitu Pak Sunarto, Pak Purwosusilo, dan Abdul Manaf, tetapi pertemuan itu sekali lagi ditegaskan, untuk menghindari fitnah, bukan terkait pengurusan perkara," ujar Rudjito usai sidang di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Rabu (16/12/2020).

Rudjito menyebut kliennya bertemu dengan tiga hakim agung itu adalah membahas reformasi birokrasi di Mahkamah Agung (MA). Dia mengatakan Nurhadi, yang saat itu sudah pensiun pada 2016, peduli terhadap sistem pengadilan baru.

"Pengurusan perkara apa pun tidak pernah dibicarakan, tidak pernah dibicarakan dalam pertemuan tersebut, yang jelas pertemuan itu hanya menyangkut tentang bagaimana reformasi birokrasi termasuk pembentukan pengadilan baru, dan soal penganggaran. Yang dibicarakan pada pertemuan itu adalah hal-hal yang berkaitan dengan masalah penganggaran, dan pembentukan peradilan-peradilan baru," katanya.

Sebelumnya saksi bernama Jumadi, yang merupakan mantan Kasubag Kesekretariatan Mahkamah Agung (MA), mengatakan Nurhadi pernah mengadakan pertemuan pada 2017 dengan tiga hakim agung saat itu yang disebut Jumadi adalah Sunarto, Purwosusilo, dan Abdul Manaf. Pertemuan itu terjadi beberapa kali.

"Kalau (pertemuan) di rumahnya acara-acara tertentu saya pernah melihat, waktu acara buka puasa bersama pernah. Kemudian yang satu lagi pernah dulu ada Pusdiklat di Megamendung, kemudian ada makan malam di rumah beliau di Megamendung," kata Jumadi.