Saksi Ungkap Nurhadi Kerap Bertemu dengan Hakim Agung pada 2017

Zunita Putri - detikNews
Rabu, 16 Des 2020 19:48 WIB
Eks Sekretaris MA Nurhadi dan menantunya Rezky Herbiyono kembali jalani sidang virtual. Sidang itu digelar terkait kasus suap-gratifikasi yang menjerat keduanya
Eks Sekretaris MA Nurhadi. (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Jaksa KPK dalam persidangan menghadirkan mantan Kasubag Kesekretariatan Mahkamah Agung (MA) Jumadi dalam sidang kasus suap dan gratifikasi mantan Sekretaris MA Nurhadi. Jaksa dalam sidang mengkonfirmasi terkait pertemuan dengan hakim agung pada 2017.

Jaksa KPK Wawan Yunarwanto awalnya bertanya ke Jumadi apakah Nurhadi pernah bertemu dengan hakim agung sesudah Nurhadi pensiun, pertemuan terjadi pada 2017. Tiga hakim agung saat itu yang disebut Jumadi adalah Sunarto, Purwosusilo, dan Abdul Manaf. Untuk Abdul Manaf, dia baru dilantik menjadi hakim agung pada 2018.

"Kalau bertemu, kan mereka dulu kan sama-sama satu jabatan. Urusannya saya tidak tahu, tapi yang saya tahu mereka ingin silaturahmi, biasanya di luar jam kerja," ungkap Jumadi dalam sidang di PN Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Rabu (16/12/2020).

"Ada Pak Narto, ada Pak Purwo, ada satu lagi mantan dirjen juga, aduh lupa saya, Abdul Manaf," kata Jumadi.

Jumadi, yang saat ini masih bekerja di MA pada bagian Biro Kepegawaian, mengatakan pertemuan itu berlangsung di Apartemen VIII Senopati. Selain itu, ada pertemuan di rumah Nurhadi ketika ada acara tertentu.

"Kalau (pertemuan) di rumahnya acara-acara tertentu saya pernah melihat, waktu acara buka puasa bersama pernah. Kemudian yang satu lagi pernah dulu ada Pusdiklat di Megamendung, kemudian ada makan malam di rumah beliau di Megamendung," katanya.

Selanjutnya
Halaman
1 2