Jelang Muktamar, Suharso dan Taj Yasin Jadi Calon Kuat Ketum PPP

Alfi Kholisdinuka - detikNews
Rabu, 16 Des 2020 17:01 WIB
Arsul Sani
Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Jelang Muktamar IX PPP, Sekretaris Jenderal PPP Arsul Sani mengungkap calon kuat Ketua Umum PPP selanjutnya. Menurutnya, sampai saat ini mengerucut pada dua nama yakni Plt Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa dan Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin putra ulama almarhum KH Maimoen Zubair.

"Sebagaimana yang diketahui bahwa sampai sekarang yang sejumlah DPW DPC itu mendeklarasikan dukungan memang mengerucut dua nama yaitu pak Suharso dan Taj Yasin," kata Arsul dalam konferensi pers virtual, Rabu (16/12/2020).

Kendati demikian, Arsul menuturkan, pencalonan Ketua Umum PPP dalam Muktamar IX 18 Desember mendatang masih terbuka baik dari internal maupun tokoh atau kalangan di luar partai selama memenuhi persyaratan yang berlaku dalam AD/ART.

"Yang jelas sampai saat nanti Muktamar itu dimulai siapapun berhak mencalonkan diri atau dicalonkan. Sepanjang memenuhi syarat anggaran dasar dan anggaran rumah tangga PPP maka tentu panitia pelaksana maupun pengarah akan menerima yang bersangkutan sebagai calon ketua umum itu," jelasnya.

Lebih lanjut, dia menuturkan sejauh ini semua kontestasi berlangsung dengan baik tidak ada jegal menjegal karena pihaknya tidak ingin Muktamar tersebut justru menjadi bibit atau tempat perpecahan baru. Ia berharap Muktamar menjadi tempat persatuan.

"Kita ingin ke depan ini PPP jadi satu dan insyaallah nanti siapapun yang terpilih akan merangkul yang tidak terpilih untuk menyatukan semua partai untuk menghadapi Pemilu 2024," pungkasnya.

Sebagai informasi, Muktamar IX PPP pada 18 Desember ini rencananya akan dibuka langsung oleh Presiden Jokowi secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor. Jokowi akan memberikan sambutan terkait harapannya terhadap PPP

Muktamar IX PPP ini akan digelar secara virtual dari 10 zona di Indonesia. 10 zona yang sudah ditentukan tersebut adalah Medan, Padang, Palembang, Tangerang, Bogor, Semarang, Surabaya, Samarinda, Manado dan Makassar. Sementara Pimpinan sidang akan berada di Makassar yang merupakan zona utama dalam pelaksanaan Muktamar PPP ini.

(mul/ega)