Round-Up

Geger Aksi Demonstrasi Diwarnai Tendangan Kickboxing ABG ke Polisi

Jabbar Ramdhani - detikNews
Sabtu, 12 Des 2020 07:46 WIB
Seorang remaja di Kupang menendang polisi ala kickboxing. Dia akhirnya diamankan bersama sejumlah orang terkait demo yang mengganggu ketertiban umum (Screenshot video viral)
Seorang remaja di Kupang menendang polisi ala kickboxing. Dia akhirnya diamankan bersama sejumlah orang terkait demo yang mengganggu ketertiban umum. (Screenshot video viral)
Kupang -

Sejumlah warga di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), menggelar aksi demonstrasi terkait persoalan status tanah. Aksi tersebut tak mengantongi izin dari pihak berwenang.

Namun polisi mengambil diskresi sebagai bentuk respek kepada warga. Sejumlah orang diperbolehkan menggelar aksi demo dengan syarat tertib dan sesuai dengan batas waktu yang ditentukan.

"Awalnya ada rencana penyampaian pendapat, tidak kita berikan izin. Satgas COVID-19 juga tak memberi rekomendasi. Tapi kita menghargai mereka, kita beri kebijaksanaan dengan batas waktu tertentu. Ternyata mereka menyalahartikan aksi tersebut dengan mengganggu ketertiban umum. Kita dorong ke belakang untuk kembali ke titik demo awal," kata Kapolres Kupang AKBP Aldinan RJH Manurung saat dihubungi, Jumat (11/12/2020).

AKPB Aldinan mengatakan ada sejumlah orang yang melakukan blokade jalanan. Kondisi ini tentu mengganggu aktivitas warga lain.

Polisi lalu berupaya mengembalikan massa ke titik awal lokasi demo yang diperbolehkan. Sejumlah polisi 'mendorong' massa agar lalu lintas tak terganggu.

Situasi sempat ricuh. Sejumlah orang, termasuk anak-anak, tak langsung mengikuti imbauan petugas. Aksi tersebut terjadi di Babau, Kupang Timur, Kupang, NTT, Kamis (11/12).

Kemudian terjadi momen seorang anak baru gede (ABG) laki-laki melawan imbauan polisi. ABG yang bertelanjang dada tersebut menendang polisi.

Sambil sedikit berjalan mundur, ABG tersebut memasang kuda-kuda untuk ala atlet kickboxing: tangannya bersiaga di depan dan satu kakinya diangkat tertekuk dalam posisi siap menendang.

Selanjutnya
Halaman
1 2