Round-Up

Mereka yang Menang dan Tumbang di Quick Count Pilkada 2020

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 10 Des 2020 05:06 WIB
ilustrasi opini tentang pemilu
Gambar ilustrasi (Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

Hasil quick count (hitung cepat) Pilkada 2020 telah menunjukkan para calon kepala daerah yang menang dan tumbang di kontestasi tahun ini. Berikut adalah para calon yang menang dan tumbang itu.

Quick count atau hitung cepat adalah metode verifikasi hasil pemilihan kepala daerah yang dilakukan dengan menghitung persentase hasil pemilu di tempat pemungutan suara (TPS) yang dijadikan sampel.

Hasil quick count ini merupakan hasil sementara, bukan hasil resmi yang final dari KPU. Berdasarkan Peraturan KPU Nomor 5 Tahun 2020 tentang tahapan Pilkada 2020, pengumuman hasil penghitungan suara dijadwalkan tanggal 9-15 Desember 2020. Rekapitulasi dan penetapan hasil penghiutngan suara tingkat provinsi dijadwalkan tanggal 16-20 Desember 2020.

Ada 270 daerah yang menggelar Pilkada pada tahun ini. Calon-calon dari berbagai parpol dan calon independen bertarung. Berikut adalah nama-nama calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah yang terpantau oleh quick count lembaga survei.

Terlihat dari sejumlah quick count berikut ini, ada nama-nama yang meraup persentase suara terbanyak, berarti merekalah para pemenang. Ada pula yang tidak mendapat persentase suara terbanyak, maka merekalah yang tumbang menurut versi quick count.

Simak video 'Mahfud MD: Ketidakpuasan Hasil Pilkada Akan Terjadi':

[Gambas:Video 20detik]



Semua suara yang masuk pada pelbagai quick count di bawah ini adalah 100%, kecuali yang tercantum keterangan bahwa suara masuk dalam quick count belum mencapai 100%. Simak selengkapnya:

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4