Cawalkot Depok Pradi Supriatna Nyoblos di TPS 15 Bareng Kedua Anaknya

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Rabu, 09 Des 2020 10:16 WIB
Cawalkot Depok Pradi Supriatna mencoblos di TPS 15
Pradi Supriatna mencoblos (Wilda Hayatun Nufus/detikcom)

KPUD Depok mengatakan proses pemungutan suara di TPS akan dilakukan dengan protokol kesehatan (prokes) yang ketat. Hal itu dilakukan karena hari ini bertepatan dengan pemilihan cawalkot Depok pada Pilkada 2020.

Total ada 4.015 TPS di Kota Depok. Ketua KPUD Depok Nana Shoharba mengatakan seluruh TPS tersebut sudah siap melaksanakan pemungutan suara Pilkada 2020.

"Kami sangat siap untuk pelaksanaan Pilkada. Saat ini semua perangkat sarana prasarana sudah disiapkan dari sisi SDM sudah siap, petugas siap, sisi logistik semua sudah tersedia sudah terpenuhi dan sudah distribusi ke masing-masing KPPS. Kami sudah sangat siap," ujar Ketua KPUD Depok Nana Shoharba saat dihubungi, Selasa (8/12).

Ia mengatakan seluruh TPS akan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Ia mengatakan para pemilih yang datang akan dibagi dalam 5 shift sejak pukul 07.00 hingga 12.00 WIB dan melewati serangkaian pengecekan protokol kesehatan penanganan COVID-19.

"Kami akan terapkan protokol kesehatan ketat yang akan kami terapkan di TPS, mulai dari kita memaksimalkan jumlah pemilih 500 per TPS, rata-rata jumlah pemilih di Depok hanya 300. Dari kedatangan pemilih kita jadwalkan jam kehadiran bagi pemilih supaya tidak jadi kerumunan. Untuk pemilih yang datang kita cek suhunya dulu, cuci tangan setiap pemilih akan diberikan sarung tangan plastik sekali pakai sampai penggunaan tinta yang tadinya dicelup besok itu akan teteskan. Kita akan secara ketat lakukan prosedur dan mekanisme itu," ungkap Nana.


(imk/imk)