Soni Eranata Buka-bukaan Alasan Pakai Nama Ustadz Maaher

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 08 Des 2020 07:41 WIB
ustaz maher
Soni Eranata (Deden Gunawan/detikcom)
Jakarta -

Ustadz Maaher At Thuwailibi terkenal dengan ucapannya yang kontroversial karena sering kali melontarkan kata-kata kasar. Maaher diketahui memiliki nama asli Soni Eranata, lantas mengapa Soni berganti nama menjadi Maaher?

Kepada tim Blak-blakan detikcom, Maaher mengungkap cerita soal asal muasal dirinya mendapat nama tersebut. Dia diwawancarai di Bareskrim Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Sabtu (5/12/2020) petang.

"Jadi gini, di dalam kultur orang-orang sunah, orang-orang pesantren ada istilah 'kunyah' atau 'laqab'," kata Maaher.

Meski bernama asli Soni, Maaher mengatakan laqab-nya atau julukannya adalah Maaher. Dia mengaku mendapatkan nama tersebut dari guru agamanya saat mendalami Al-Qur'an.

"Saya itu nama islaminya, nama laqab-nya Maaher. Karena waktu saya setorkan hafalan Qur'an saya ke guru saya pakai nada Syeikh Maher Al Muaiqly, imam Masjidil Haram salah satunya Syeikh Maher Al Muaiqly. Saya setorkan hafalan saya itu pakai gayanya Syeikh Maher. Kata guru saya, 'anta Maaher At Thuwailibi'. Jadi sejak itu," jelasnya sambil menyebut peristiwa itu terjadi sekitar 4 tahun lalu.

Maaher tidak menyebut secara spesifik siapa guru yang memberinya nama tersebut. Dia memastikan hal nama yang dipakainya saat ini bukan karena kerap berganti nama.

"Jadi bukan karena namanya gonta-ganti. Saya kadang sedih juga lihat netizen saya diserang secara personal," tuturnya.

Sejak saat itu, lanjut Maaher, dirinya menggunakan nama tersebut. Namun dia juga tidak menolak masalah jika ada yang memanggil dirinya dengan nama Soni Eranata.

Selanjutnya
Halaman
1 2