PKB-PAN DKI Tak Persoalkan Foto Anies Tak Bermasker Bareng Petugas Ber-APD

Luqman Nurhadi Arunanta - detikNews
Minggu, 06 Des 2020 15:21 WIB
Suasana saat Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melaksanakan rapat virtual dari tempat isolasi mandiri di Rumah DIinas.
Anies bersama petugas ber-APD saat isolasi mandiri / Foto: dok. Pemprov DKI Jakarta
Jakarta - Foto viral Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat bersama petugas yang memakai alat pelindung diri (APD) menimbulkan perbincangan. Tanggapan turut hadir dari fraksi-fraksi DPRD DKI.

Ketua Fraksi PKB-PPP DPRD DKI, Hasbiallah Ilyas tidak mempermasalahkan foto Anies yang tidak bermasker tersebut. Hasbi menyebut petugas kesehatan akan tetap aman dalam kondisi ber-APD.

"Oh aman, kalau nakesnya ber-APD nggak masalah. Penularan itu kan kalau nakesnya tidak ber-APD, lengkap, tidak mungkin secara logika itu tertular," kata Hasbi saat dihubungi, Minggu (6/12/2020).

Anies dalam fotonya tengah rapat virtual dan tidak memakai masker saat bersama petugas. Hasbi hanya mengingatkan Anies agar tetap menerapkan protokol kesehatan sepanjang isolasi mandiri.

"Lihat dulu, benar ketemu atau tidak, dan kita lihat jaraknya itu. Nah, seharusnya gubernur itu benar-benar menjadi contoh dan menerapkan protokol kesehatan yang ditetapkan Pemda itu sendiri," ujar Hasbi.

Suasana saat Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melaksanakan rapat virtual dari tempat isolasi mandiri di Rumah DIinas.Anies bersama petugas ber-APD saat isolasi mandiri Foto: dok. Pemprov DKI Jakarta

Sementara itu, Sekretaris Fraksi PAN DKI, Oman Rahman Rakinda tidak mempermasalahkan Anies yang tidak bermasker saat bersama petugas kesehatan yang memakai APD. Oman juga menyebut hal tersebut tidak perlu dipermasalahkan.

"Ya, itu sepertinya tidak ada orang lain selain Pak Anies dan kedua nakes itu. Pak Anies juga rapatnya virtual jadi nggak masalah. Nggak usah dipermasalahkan Pak Anies yang nggak pake masker. Beliau isolasi mandiri di rumah dinas," ungkap Oman.

Oman berharap Anies segera pulih dan dapat kembali memimpin Ibu Kota seperti biasa. Politikus PAN itu menilai foto Anies tersebut merupakan sinyal bahwa mantan Mendikbud itu akan segera pulih.

"Pak Anies ingin menyampaikan pesan optimis. Optimis bisa memimpin Jakarta secara efektif. Optimis kesehatan beliau akan segera pulih. Optimis pandemi akan segera berakhir dengan segudang catatan pembelajaran untuk kita semua," pungkasnya.

Sebelumnya, foto Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tak bermasker saat bersama petugas yang memakai alat pelindung diri (APD) viral di media sosial. Hal itu lantas menjadi bahan perbincangan netizen.

Ketua Fraksi DPRD DKI Jakarta, Gembong Warsono, ikut menyoroti foto itu. Dia khawatir tindakan Anies dalam foto tersebut direspons keliru oleh masyarakat.

Menurutnya, Anies seharusnya menjadi panutan warga Jakarta dalam menggunakan masker.

"Karena memang tokoh itu akhirnya menjadi panutan. Saya khawatir apa yang dilakukan Pak Anies itu direspons oleh masyarakat seolah menjadi hal yang biasa untuk tidak menggunakan masker, itu saja kekhawatiran saya, karena kan gubernur kan menjadi panutannya warga Jakarta. Jadi ketika melihat Pak Gubernur tidak menggunakan masker maka saya khawatir," kata Gembong saat dihubungi, Minggu (6/12/2020). (imk/imk)