PDIP DKI Sorot Foto Anies Tak Bermasker Bareng Petugas Ber-APD: Dia Panutan

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 06 Des 2020 12:34 WIB
Suasana saat Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melaksanakan rapat virtual dari tempat isolasi mandiri di Rumah DIinas.
Anies saat rapat virtual dari rumah dinas. (Foto: dok. Pemprov DKI Jakarta)
Jakarta - Foto Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tak bermasker saat bersama petugas yang memakai alat pelindung diri (APD) viral di media sosial. Hal itu lantas menjadi bahan perbincangan netizen.

Ketua Fraksi DPRD DKI Jakarta, Gembong Warsono, ikut menyoroti foto itu. Dia khawatir tindakan Anies dalam foto tersebut direspons keliru oleh masyarakat. Menurutnya, Anies seharusnya menjadi panutan warga Jakarta dalam menggunakan masker.

"Karena memang tokoh itu akhirnya menjadi panutan. Saya khawatir apa yang dilakukan Pak Anies itu direspons oleh masyarakat seolah menjadi hal yang biasa untuk tidak menggunakan masker, itu saja kekhawatiran saya, karena kan gubernur kan menjadi panutannya warga Jakarta. Jadi ketika melihat Pak Gubernur tidak menggunakan masker maka saya khawatir," kata Gembong saat dihubungi, Minggu (6/12/2020).

Gembong menilai Anies ingin menunjukkan bahwa kondisinya sehat meski tengah menjalani isolasi mandiri. Namun, hal tersebut, ujarnya, bisa menimbulkan tanggapan seolah-olah Jakarta sudah aman dari pandemi.

"Mungkin ingin memberikan sinyal kepada warga Jakarta kalau dia sudah sehat. Tetapi dampaknya akan membuat kekhawatiran saya, jangan-jangan ditanggap masyarakat Jakarta seolah-olah Jakarta sudah aman," ujar Gembong.

"Padahal posisi Jakarta masih sangat rawan, membutuhkan kedisiplinan semua pihak, termasuk Pak Gubernur, apalagi saat ini posisi Pak Gubernur kan sedang dalam kondisi isolasi mandiri," tambahnya.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan panggilan video dengan keluarganya saat menjalani isolasi di rumah dinasnya di Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (3/12/2020). Anies Baswedan terkonfirmasi positif COVID-19 sejak Selasa (1/12) setelah melakukan tes usap PCR pada Senin (30/11) dan saat ini menjalani isolasi mandiri tanpa didampingi keluarga. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj.Anies saat menjalani isolasi mandiri di rumah dinas. (Antara Foto/Aditya Pradana)

Sebelumnya diberitakan, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan positif virus Corona (COVID-19). Anies kemudian memutuskan menjalani isolasi mandiri di rumah dinas dan terpisah dengan keluarganya.

"Isolasi mandiri akan saya lakukan di tempat yang terpisah dengan keluarga dan akan saya tinggali sendiri. Sementara keluarga akan tetap di kediaman pribadi," ujar Anies Baswedan melalui keterangan tertulis di situs PPID DKI, Selasa (1/12).

Anies Baswedan menyatakan ia tidak memiliki gejala. Anies Baswedan menyebut kondisinya saat ini baik.

Meski tengah menjalani isolasi mandiri, Anies tetap menjalankan tugas sebagai gubernur. Mantan Mendikbud itu tetap memimpin rapat-rapat secara virtual.

Foto-foto momen rapat diunggah di situs resmi PPID DKI. Di situ terlihat Anies tidak bermasker dan dia sempat berbincang dengan petugas yang memakai alat pelindung diri (APD). Salah satu orang tersebut menggantungkan stetoskop di pundaknya. (imk/imk)