Terpopuler Sepekan: Geger Penangkapan 'Ustadz Maheer' hingga Rehan Al Qadri

Tim Detikcom - detikNews
Minggu, 06 Des 2020 11:50 WIB
Ustaz Maaher At-Thuwailibi (tengah) dan tim pengacara.
Foto: Ustaz Maaher At-Thuwailibi (tengah) dan tim pengacara. (ist)
Jakarta -

Berita terkait penangkapan Ustadz Maaher At-Thuwailibi alias Soni Eranata terkait kasus ujaran kebencian terpopuler dalam sepekan. Selain itu berita soal penangkapan pelaku seruan awal azan 'Hayya alal jihad' juga populer dalam sepekan.

Ustadz Maaher sebelumnya ditangkap di kawasan Tanah Sereal, Bogor, Jawa Barat, sekitar pukul 04.00 WIB, Kamis (4/12/2020). Sejumlah barang bukti disita polisi, mulai dari ponsel hingga 1 buah KTP milik Soni Eranata.

Ustadz Maaher ditangkap berdasarkan laporan polisi bernomor LP/B/0677/XI/2020/Bareskrim pada 27 November 2020. Dia terancam 6 tahun penjara.

"Sebagaimana dimaksud Pasal 45 ayat (2) juncto Pasal 28 ayat (2) Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Dengan ancaman pidana penjara 6 tahun dan atau denda paling tinggi 1 Miliar rupiah," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (3/12/2020).

Dalam kasus ini, polisi juga mempertimbangkan pendapat ahli bahasa dan ahli ITE. Saksi lain pun sudah dimintai keterangan.

"Inilah yang jadi pertimbangan kepolisian hasil koordinasi hasil verifikasi dengan ahli, baik itu ahli bahasa dan ahli ITE," kata Awi.

Awi juga menunjukkan barang bukti berupa tangkapan layar cuitan Ustadz Maaher yang diduga mengandung ujaran kebencian bernada SARA. Terlihat ada cuitan yang ditulis oleh pemilik akun twitter @ustadzmaaher_. Cuitan inipun disertai oleh foto kiai kharismatik NU, Habib Luthfi bin Yahya.
Berikut isi cuitannya:

'Iya tambah cantik pake Jilbab.. Kayak Kyai nya Banser ini ya..'

Tonton video 'Ustaz Maaher Nangis Ingin Cium Tangan Habib Luthfi':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4