TNI Disebut Seperti Era Orde Baru, Mahfud Md: Terserah Gatot Nurmantyo

Kadek Melda L - detikNews
Sabtu, 05 Des 2020 18:51 WIB
Menko Polhukam Mahfud Md.
Menko Polhukam Mahfud Md (Foto: dok: Kemenko Polhukam)
Jakarta -

Mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo menilai TNI yang sekarang terlihat seperti pada era Orde Baru atau Orba. Menko Polhukam Mahfud Md mengatakan setiap orang berhak menilai dan mengkritik.

"Terserah saja Pak Gatot Nurmantyo bilang begitu. Setiap orang boleh menilai, kemudian mengritik. Ini demokrasi, kritik tak boleh dibungkam selama tak melanggar hukum," kata Mahfud saat dihubungi detikcom, Sabtu (5/12/2020).

Mahfud menuturkan kritik yang masuk juga berhak mendapat penilaian balik. Pemerintah, kata Mahfud, punya hak menilai kritik, termasuk kritik dari deklarator Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) itu.

"Tapi jangan lalu berpikir bahwa pemerintah tidak boleh menjawab kritik, kita juga punya hak menilai balik setiap penilaian," kata Mahfud.

Mahfud menilai setiap kritik yang masuk sama halnya seperti vitamin demokrasi. Dikatakan Mahfud, kritik yang benar akan diakomodasi, sementara yang salah akan dibantah dan diabaikan.

"Kritik merupakan vitaminnya demokrasi. Kritik ada yang benar dan ada yang salah. Yang benar kita akomodasi, yang salah kita bantah dan abaikan," ucap Mahfud.


Simak pernyataan Gatot Nurmantyo di halaman selanjutnya...

Selanjutnya
Halaman
1 2