Gatot Sebut TNI Terlihat Seperti Era Orba, Legislator PDIP: Halusinasi

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Sabtu, 05 Des 2020 13:30 WIB
Charles Honoris (Nur Azizah Rizki/detikcom)
Foto: Anggota Komisi I DPR RI dari F-PDIP Charles Honoris (Nur Azizah Rizki/detikcom)
Jakarta -

Presidium Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) Gatot Nurmantyo menilai TNI saat ini terlihat seperti saat era Orde Baru (Orba). Politikus PDI Perjuangan (PDIP), Charles Honoris menilai Gatot Nurmantyo sedang berhalusinasi.

"Pak Gatot sebagai mantan Panglima TNI justru seperti sedang berhalusinasi di siang bolong. Atau mungkin Pak Gatot sedang membicarakan hasratnya ketika memimpin dulu untuk membawa institusi TNI ke ranah politik praktis?" kata Charles Honoris kepada detikcom, Sabtu (5/12/2020)

Charles yang merupakan Anggota Komisi I DPR RI menepis pernyataan Gatot Nurmantyo. Ia menilai kinerja TNI saat ini justru semakin profesional.

"Sebagai anggota Komisi I yang bertugas mengawasi kinerja TNI kok saya tidak melihat hal itu terjadi ya. Menurut penilaian kami TNI semakin hari semakin profesional menjalankan tugasnya sebagai alat pertahanan negara," ujarnya.

"Justru hari ini TNI semakin menunjukkan jati dirinya sebagai penjaga kedaulatan, konstitusi dan ideologi negara ketika adanya ancaman. TNI sudah bekerja profesional sesuai dengan kewajibannya dalam UU No 34," imbuhnya.

Lebih lanjut, Charles mempertanyakan aspek mana yang membuat TNI saat ini dinilai Gatot mirip dengan TNI di masa Orde Baru. Sebab, menurutnya, TNI di masa Orde Baru terlibat politik praktis dan menduduki tempat di lembaga eksekutif dan legislatif.

"Di era Orde Baru TNI terlibat politik praktis. Perwira aktif TNI jaman itu juga menduduki jabatan-jabatan di eksekutif dan legislatif. Mereka duduk sebagai bupati, walikota, gubernur bahkan anggota DPR. Sekarang kan tidak. Jadi saya bingung bagian mananya dari TNI yang dianggap kembali ke Orde Baru?," katanya.

Simak di halaman selanjutnya.