Round Up

Seruan Aturan Lindungi Tokoh Agama Usai Ustadz Maaher Hina Ulama

Hestiana Dharmastuti - detikNews
Jumat, 04 Des 2020 21:36 WIB
Ustadz Maaher Saat Diamankan oleh Penyidik Bareskrim Polri di Kediamannya
Foto: Dok. Istimewa


NasDem: Harus Diproses Hukum

Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni menyebut Ustaz Maaher harus diproses hukum.

"Siapapun yang melontarkan provokasi, ujaran kebencian, dan penghinaan yang melanggar undang-undang, harus diproses hukum," ujar Sahroni lewat pesan singkat kepada detikcom, Kamis (3/12/2020) malam.

Bendahara Umum NasDem ini menyebut hukum di Indonesia tak pandang bulu. Siapapun yang melanggar peraturan undang-undang harus diproses hukum.


MUI: Jauhilah Cela Mencela

Wakil Ketua Umum MUI Anwar Abbas menyebut perbuatan menghina dan mencela ke sesama makhluk Tuhan melanggar ketentuan agama.


"Berhentilah, jauhilah cela-mencela-menghina, merendah-merendahkan, karena itu melanggar ketentuan dari ajaran agama," ujar Anwar Abbas ketika dihubungi detikcom, Kamis (3/12/2020) malam.

Menurutnya, setiap ustaz harus paham pedoman dalam pergaulan yang sesuai dijabarkan dalam firman-firman Allah SWT.

"Janganlah kamu saling cela-mencela, karena boleh jadi orang yang dicela itu lebih baik dari kamu. Itu bisa kita kembangkan janganlah kamu menghina orang lain apalagi orang yang kamu hina itu lebih baik dari pada kamu," imbuh Anwar.

Agama Islam, kata Anwar, sangat melarang perbuatan menghina sesama manusia. Anwar bercerita Nabi Muhammad SAW selama hidupnya mengajarkan untuk saling menyayangi.

"Barang siapa yang menghormati orang, dia akan dihormati. Jadi kalau ustaz ini ditangkap yaitu berarti dia melanggar ketentuan dari ajaran agama dan melanggar ketentuan undang-undang atau yang berlaku di negara Indonesia," tutur Anwar.