Diputus Bebas oleh MA, Dalton Tanonaka Polisikan Eks Rekan Bisnis

Yogi Ernes - detikNews
Jumat, 04 Des 2020 20:33 WIB
Dalton Ichiro Tanonaka polisikan mantan rekan bisnis.
Dalton Ichiro Tanonaka polisikan mantan rekan bisnis. (Yogi/detikcom)
Jakarta -

Mantan pembaca berita salah satu stasiun televisi swasta, Dalton Ichiro Tanonaka, melaporkan Harjani Prem Ramchand ke Polda Metro Jaya. Dalton Tanonaka melaporkan mantan rekan bisnisnya itu atas dugaan memberikan keterangan saksi palsu.

"Kami dari tim kuasa hukum Pak Dalton melaporkan saudara Harjani Prem Ramchand dengan dugaan tindak pidana Pasal pelanggaran 242 dan 266 KUHP," kata pengacara Dalton Tanonaka, Alvin Handrawan Yosoenarto, di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (4/12/2020).

Untuk diketahui, Mahkamah Agung (MA) mengabulkan permohonan peninjauan kembali (PK) Dalton Tanonaka, sehingga dia bebas setelah menjalan masa tahanan tak sampai 1 bulan. Putusan MA itu menjadi dasar Dalton Tanonaka melaporkan Ramchad.

"Klien kami sudah terbukti tidak bersalah karena telah diputus dalam tingkat PK. Makanya kami melakukan upaya hak hukum dari klien kami serta membersihkan nama dari klien kami," ungkapnya.

Dalton Tanonaka angkat bicara terkait kasus yang menjeratnya itu. Dalton Tanonaka menyebut dia tidak pernah mencoba melarikan diri. Dia menambahkan, status buron yang sempat disematkan kepada dirinya oleh penegak hukum merupakan hal tidak tepat.

"Saya tinggal di apartemen selama 14 tahun, jadi saya tidak mengerti mengapa pihak kejaksaan menyebut saya buronan. Saya bukan buronan dan tidak pernah lari dari apa pun," ujar Dalton Tanonaka dalam bahasa Inggris.

Laporan Dalton Tanonaka terdaftar di Polda Metro Jaya dengan nomor LP: TBL/7231/XII/YAN.2.5/2020/SPKT PMJ, Tanggal: 4 Desember 2020. Kasus tersebut kini akan ditangani oleh Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya.

Simak perjalanan kasus yang menjerat Dalton Tanonaka di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2