Gagasan 4 Paslon Pilwalkot Atasi Narkoba-Begal di Makassar, Siapa Terbaik?

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Jumat, 04 Des 2020 13:56 WIB
Debat ketiga Pilwalkot Makassar (Foto: dok. KPU)
Debat ketiga Pilwalkot Makassar (Foto: dok. KPU)
Makassar -

Empat pasangan calon (paslon) dalam Pemilihan Wali Kota-Wakil Wali Kota (Pilwalkot) Makassar 2020 beradu gagasan terkait penanganan masalah narkoba di Makassar pada debat. Panelis debat melempar pertanyaan dengan maraknya generasi muda Makassar menyalahgunakan narkoba hingga maraknya aksi begal.

Debat ketiga Pilwalkot Makassar 2020 yang digelar di Jakarta, Jumat (4/12/2020), dipandu dua panelis debat, yakni Dosen Universitas Negeri Makassar Mustari Bosra dan staf ahli DPRD Sulawesi Selatan Dr Hasrullah.

Keempat paslon kemudian menyampaikan gagasannya secara bergantian. Menurut undian, gagasan disampaikan pertama kali oleh paslon nomor urut 3 Syamsu Rizal-dr Fadli Ananda (Deng Ical-Fadli).

Berikut gagasan 4 paslon tersebut dalam mengatasi masalah narkoba di Makassar. Menurut Anda, siapa yang terbaik?

Deng Ical-dr Fadli (DILAN) Akan Cegah Narkoba dari Sekolah

Panelis debat ketiga Pilwalkot Makassar menyebut masalah narkoba masih menjadi masalah penting di Kota Makassar. Narkoba dinilai berpotensi merusak sumber daya manusia di Makassar. Paslon nomor 3, DILAN, lantas ditanya bagaimana memberantas peredaran dan perdagangan narkoba di Makassar.

"Apabila Anda terpilih, apa konsep Anda untuk memberantas peredaran dan perdagangan gelap narkoba yang juga bahkan lewat transaksi online," ujar moderator debat membacakan pertanyaan panelis debat kepada DILAN.

Menjawab pertanyaan tersebut, Deng Ical menilai Pemerintah Kota Makassar harus berkonsentrasi penuh dalam memberantas perdagangan dan peredaran narkoba. Dia menyebut pemerintah harus rela mengeluarkan tenaga ekstra dalam mengatasinya.

"Kenapa, karena lembaga yang selama ini menangani narkoba di tingkat kota, Badan Narkotika di tingkat kota itu dilikuidasi. Deng Ical sama Kakak Fadli insyaallah akan kembali menghidupkan itu untuk memastikan intra dan suprastruktur pemerintahan cukup kuat untuk melawan para pedagang dan penyalur narkoba yang kurang ajar," kata Deng Ical.

Gagasan kedua, Deng Ical akan melakukan strategi pencegahan narkoba mulai tingkat sekolah. Deng Ical berjanji akan membuat suatu sistem pencegahan narkoba agar tidak masuk melalui sekolah.

Ketiga, Deng Ical menyebut pihaknya akan melakukan restorative justice atau penegakan hukum secara normatif kepada para pengguna narkoba. Menurutnya, para pengguna narkoba tidak boleh diperlakukan sama dengan para pengedar dan penjual narkoba.

"Ke depan, restorative justice akan kita mulai, pembentukan ekosistemnya mulai sekolah, lingkungan RT/RW, kampung siaga bencana, sekolah siaga bencana, sehingga narkoba ini akan dilawan secara bersama-sama oleh seluruh pemangku kepentingan," tuturnya.

Simak video 'Survei CRC: Danny Pomanto-Fatma Unggul di Pilwalkot Makassar':

[Gambas:Video 20detik]



Simak gagasan penanggulangan narkoba dari paslon None-Zunnun di halaman selanjutnya>>>

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4