Round-Up

Bebasnya Amel Ketua Timses Calon Bupati dari Tuntutan Denda

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 04 Des 2020 05:46 WIB
Sidang Syarifah Amelia (dok. Istimewa)
Foto: Sidang Syarifah Amelia (dok. Istimewa)
Jakarta -

Syarifah Amelia (Amel) divonis bebas mejelis hakim. Ketua tim sukses paslon Burhanudin-Khairil Anwar di Pilkada Belitung Timur tidak terbukti melakukan fitnah dalam kampanye dan dibebaskan dari denda.

"Menyatakan terdakwa Syarifah Amelia alias Amel binti Akhmad Satiri tidak terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana sebagaimana dalam dakwaan tunggal penuntut umum. Membebaskan terdakwa oleh karena itu dari dakwaan tunggal tersebut," demikian putusan majelis hakim seperti dilihat dari situs SIPP PN Tanjung Pandan, Kamis (3/12/2020).

Jaksa sebelumnya mendakwa Amel melakukan kampanye dengan cara memfitnah dalam Pilkada Belitung Timur. Kasus ini bermula pada 14 Oktober lalau, ketika Amel menjadi juru kampanye di pertemuan tatap muka di Desa Simpang Tiga, Simpang Renggiang, Belitung Timur.

Amel saat itu berorasi di depan para peserta kampanye. Jaksa mengatakan Amel sempat melontarkan kalimat soal Pilkada bersih dan membuat suasana kampanye menjadi riuh dengan teriakan.

"Terdakwa Syarifah Amelia berorasi ke peserta kampanye selama kurang-lebih 20 menit di mana pada pertengahan orang orasi dari terdakwa Syarifah Amelia terucap kalimat 'Karena kalau bersih Pilkada Belitung Timur, maka yang menang adalah...', 'Nomor 1' (dijawab oleh masyarakat atau peserta kampanye), di mana pada saat itu suasana kampanye menjadi riuh bersemangat dengan teriakan dari pada peserta kampanye yang rata-rata menjawabnya. Kegiatan pelaksanaan kampanye selesai sekira pukul 22.00 WIB," demikian ujar jaksa dalam dakwaan.

Orasi Amel itu beredar di media sosial dan berujung pelaporan ke Bawaslu Belitung Timur pada 30 Oktober 2020. Pelapor menilai ucapan Amel tersebut bersifat menghasut.

Sidang terus berjalan. Amel kemudian dituntut hukuman denda Rp 6 juta sebelum akhirnya divonis bebas oleh hakim.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3