Divonis Bebas, Amel Ketua Tim Cabup Belitung Timur Anggap Kasusnya Pelajaran

Deni Wahyono - detikNews
Kamis, 03 Des 2020 14:05 WIB
Sidang Syarifah Amelia (dok. Istimewa)
Foto: Sidang Syarifah Amelia (dok. Istimewa)
Bangka Belitung - Majelis hakim Pengadilan Negeri Tanjung Pandan memvonis bebas Ketua Timses Paslon Burhanudin-Khairil Anwar di Pilkada Belitung Timur, Syarifah Amelia (Amel). Amel pun bersyukur atas vonis bebas di kasus dugaan fitnah tersebut.

"Alhamdulillah sidang putusan saya, saya divonis bebas murni dari majelis hakim yang mulia dan itu sangat melegakan bagi saya," kata Amel kepada wartawan, Kamis (3/2/2020).

Amel meminta maaf kepada warga karena kasusnya membuat banyak pihak khawatir. Dia mengatakan bakal menjadikan kasus dugaan fitnah dalam kampanye sebagai pelajaran.

"Saya memohon maaf kepada pihak-pihak yang entah kemudian merasa saya telah membuat gaduh, saya telah membuat khawatir, ucapan saya atau perbuatan saya yang menyinggung terlepas dari ketiadaan niat saya. Saya ucapkan maaf yang sebesar-besarnya. Saya berharap ini adalah pembelajaran bagi kita semua terutama bagi saya pribadi," katanya.

Sebelumnya, jaksa mendakwa Amel melakukan kampanye dengan cara memfitnah dalam Pilkada Belitung Timur. Kasus ini berawal saat Amel menjadi juru kampanye dalam pertemuan tatap muka di Desa Simpang Tiga, Simpang Renggiang, Belitung Timur, pada 14 Oktober 2020.

Saat itu Amel sempat berorasi di hadapan para peserta kampanye. Jaksa mengatakan Amel sempat melontarkan kalimat soal pilkada bersih dan membuat suasana kampanye menjadi riuh.

Sidang terus berjalan. Amel kemudian dituntut hukuman denda Rp 6 juta sebelum akhirnya divonis bebas oleh hakim.

Lihat juga video 'Polda Sultra Kerahkan 2108 Personel Amankan Pilkada Serentak':

[Gambas:Video 20detik]



(haf/haf)