Habib Rizieq Ngaku Akan Tes PCR Berkala, Politikus PDIP: Umumkan Hasilnya

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 03 Des 2020 07:34 WIB
Anggota Komisi IX dari Fraksi PDIP Rahmad Handoyo.
Rahmad Handoyo (Foto: Zacky/detikcom)

Namun demikian, Rahmad menyadari bahwa rekam medis merupakan ranah privasi. Dia kemudian menyinggung bahwa terpapar virus Corona bukanlah sebuah aib.

"Nah terkait kalau memang tidak mau bagaimana lagi, itu ranah privasi tidak mau membuka hasilnya kepada publik. Tapi perlu saya ingatkan bahwa seseorang yang terpapar positif itu bukan aib, ini adalah harus kita dorong, harus kita beri semangat bahwa COVID itu bukan aib, tapi adalah sebagai ujian sebagai umat manusia yang kita hadapi dengan kesabaran, kita ikuti petunjuk dokter dan kita ikuti petunjuk dari pemerintah dengan protokol kesehatan," sebutnya.

Habib Rizieq Shihab sebelumnya mengakui masih dalam tahap observasi atas saran tim medis. Habib Rizieq meminta maaf atas kondisinya itu.

"Saya juga ingin meminta maaf, yaitu kepada seluruh tokoh, habaib, ulama, pada pagi hari ini saya belum bisa bersilaturahmi untuk keliling menemui para tokoh karena memang saya masih dalam observasi untuk menjaga daripada kesehatan saya dan keluarga atas saran tim medis," kata Habib Rizieq dalam dialog bersama 100 tokoh dan ulama, Rabu (2/12).

Habib Rizieq menyebut akan diperiksa secara berkala. Pemeriksaan itu meliputi rapid test hingga PCR.

"Kemudian atas saran mereka juga, nanti secara berkala ya diperiksa, diperiksa dengan rapid test, diperiksa dengan swab antigen, diperiksa juga dengan PCR dan lain sebagainya. Jadi saya serahkan kepada tim medis. Jadi silakan diperiksa sebaik-baiknya dan seterusnya," kata Habib Rizieq.

Halaman

(lir/dkp)