MER-C: Swab Habib Rizieq Sudah Keluar, Hasilnya Rahasia

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Senin, 30 Nov 2020 12:13 WIB
Ketua Presidium MER-C dr Sarbini Abdul Murad (Sachril Agustin Berutu/detikcom).
Foto: Ketua Presidium MER-C dr Sarbini Abdul Murad (Sachril Agustin Berutu/detikcom).
Bogor -

Ketua Presidium MER-C dr Sarbini Abdul Murad menyatakan hasil swab Habib Rizieq Shihab sudah keluar. Hasilnya, kata MER-C, rahasia.

"Hasilnya itu adalah rahasia. Sudah," kata Sarbini saat dikonfirmasi soal hasil swab Habib Rizieq sebelum menjalani pemanggilan polisi di Polresta Bogor, Jalan Kapten Muslihat, Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat, Senin (30/11/2020).

Sarbini menyebut tes swab Habib Rizieq dilakukan saat Habib Rizieq dirawat di rumah sakit. Untuk diketahui, Habib Rizieq sempat menjalani perawatan di RS UMMI Bogor.

"Di rumah sakit," kata dia.

Menko Polhukam Mahfud Md sebelumnya menyebut MER-C tidak punya kewenangan dan laboratorium untuk tes swab. Sarbini mengakui MER-C tidak punya laboratorium. Lalu, ke mana spesimen swab Habib Rizieq dibawa?

"Mer-C tidak punya laboratorium. Itu jelas ya, clear ya. Tidak ada mengatakan bahwa MER-C punya laboratorium, kita tidak punya," kata Sarbini.

"Itu rahasia," kata Sarbini dikonfirmasi soal laboratorium pemeriksaan swab Habib Rizieq.

Pemerintah menegaskan, MER-C tidak punya kewenangan melakukan tes COVID-19. Habib Rizieq dirawat di RS UMMI sejak Rabu (25/11) lalu dan keluar dari RS UMMI pada Sabtu (28/11) malam kemarin. Rizieq dites usap (swab test) oleh MER-C pada Jumat (27/11) siang. Tes dari pihak MER-C ini menjadi kontroversial karena dilakukan tanpa koordinasi dengan Satgas COVID-19 Kota Bogor.

"MER-C itu tidak memiliki laboratorium dan tidak terdaftar dalam jaringan yang memiliki kewenangan untuk melakukan tes," kata Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan HAM, Mahfud Md, dalam siaran langsung lewat kanal YouTube BNPB RI, Minggu (29/10/2020) malam.

Tonton video 'Mahfud Md soal Tes Swab Rizieq: MER-C Tak Punya Lab & Kewenangan':

[Gambas:Video 20detik]



(gbr/hri)