Maradona, Politik, dan Agama

Maradona Pernah Kritik Paus dan Minta Atap Emas Vatikan Dijual

Danu Damarjati - detikNews
Minggu, 29 Nov 2020 08:40 WIB
Maradona menemui Paus Fransiskus pada 1 September 2014 (AFP)
Maradona menemui Paus Fransiskus pada 1 September 2014 (Foto: dok. AFP)
Jakarta -

Jantung Diego Armando Maradona memang sudah berhenti berdetak, namun cerita-cerita mengenai El Piblo de Oro (Si Anak Emas) bakal terus menggetarkan hati pemujanya. Di luar lapangan hijau, Maradona adalah tokoh yang kritis terhadap siapa saja. Dia pernah mengkritik Paus dan Vatikan.

Dikutip dari Insider, Maradona mengatakan pernah kecewa terhadap Paus Yohanes Paulus II (masa kepausan 1978-2005). Pada 2000, Maradona mengunjungi Vatikan.

Daily Mail melaporkan, Maradona kecewa terhadap sambutan Paus di Vatikan. Soalnya, Maradona tidak diberi rosario khusus, namun diberi rosario yang sama seperti pengunjung-pengunjung lain saat itu.

Maradona kemudian ngomel-ngomel saat ditanya reporter pada 5 tahun sesudahnya. Dia mengaku muak dengan hiasan langit-langit emas di dalam bangunan Vatikan. Maradona tidak habis pikir bagaimana Vatikan bisa peduli terhadap orang miskin bila atap-atap Vatikan berhiaskan emas seperti itu.

"Saya telah ke Vatikan dan melihat langit-langit emas. Kemudian, saya mendengar Paus bilang bahwa gereja peduli terhadap anak-anak miskin. So? Jual saja langit-langit itu, Kawan!" demikian kata Maradona kepada The Independent pada 2005.

Pada 2016, Maradona kembali bertemu dengan Paus, kali ini adalah Paus Fransiskus. Ada pertandingan amal sepakbola pada saat itu. Maradona kembali mengulang kritik yang sama seperti 10 tahun sebelumnya.

"Saya sudah ke Vatikan dan melihat atap emas, dan saya katakan kepada diri saya bagaimana bisa seseorang bisa menjadi anak bangsat seperti itu dengan hidup di bawah atap emas dan kemudian pergi dengan perut kenyang ke negara-negara miskin dan mencium anak-anak (di negara miskin yang dikunjungi)? Saya berhenti untuk percaya," kata Maradona.

Tonton video 'Patung Maradona Bersayap, Tanda Penghormatan Seniman Italia':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya, Maradona kembali ke keimanannya berkat Paus Fransiskus:

Selanjutnya
Halaman
1 2