Maradona, Politik, dan Agama

Dekat dengan Para Pemimpin Kiri, Apakah Maradona Seorang Komunis?

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Sabtu, 28 Nov 2020 11:13 WIB
Diego Maradona bersama pemimpin revolusi Kuba, Fidel Castro.
Diego Maradona dan Fidel Castro (Twitter)
Jakarta -

Dunia berduka usai salah satu legenda sepakbola Diego Maradona pergi untuk selamanya. Semasa hidupnya, Maradona dikenal dekat dengan para pemimpin 'kiri' dunia. Namun, apakah Maradona seorang komunis?

Maradona memang dikenal memiliki ketertarikan pada ideologi kiri--komunisme dan sosialisme. Bahkan, Maradona bersahabat dengan mendiang tokoh sosialis Kuba, Fidel Castro. Dia bahkan memiliki tato Castro di kaki kirinya.

Seperti dilansir AFP, Jumat (27/11/2020), persahabatan mereka semakin dalam ketika Maradona menghabiskan empat tahun di Havana pada awal 2000-an untuk dirawat karena kecanduan narkoba. Dan, ketika Castro meninggal pada 2016, Maradona memberikan penghormatan yang tulus.

"Saya merasa seperti orang Kuba, mereka telah memberi saya banyak cinta selama saya sakit dan fakta bahwa hari ini saya bisa bangun setiap pagi dan saya bisa berolahraga, saya dapat berbicara dengan Anda, dengan saudara-saudara saya atau saya dapat melakukan wawancara, saya berhutang banyak pada Fidel," kata Maradona.

"Dia adalah ayah kedua bagiku, pria yang kusayangi," ungkapnya.

Maradona juga turut membuat tato bergambar wajah kamerad Castro, Che Guevara, di lengan kanannya.

Tidak hanya Castro, Maradona juga dekat dengan pemimpin negara-negara sosialis Amerika Latin. Dia berhubungan baik dengan Hugo Chavez dan Nicolas Maduro dari Venezuela, Evo Morales (Bolivia), serta Daniel Ortega (Nicaragua).

Selanjutnya
Halaman
1 2