Tak Mau Kalah dengan Jaksa, Jerinx SID Juga Ajukan Banding

Angga Riza - detikNews
Kamis, 26 Nov 2020 17:59 WIB
Jerinx SID hadapi sidang vonis.
Foto: Jerinx SID hadapi sidang vonis. (Angga Riza-detikcom)
Denpasar -

Kuasa Hukum terdakwa I Gede Ari Astina alias Jerinx SID mengajukan banding ke Pengadilan Negeri (PN) Denpasar hari ini. Pengajuan Banding diajukan setelah Jaksa Penuntut Umum (JPU) mengajukan banding terlebih dahulu.

"Dan kemudian di proses sudah terbit akta permintaan banding penasihat hukum dari Jerinx dan kami mengajukan banding perhari ini dan kami lakukan banding ini setelah kami memastikan bahwa jaksa penuntut umum (JPU) mengajukan banding terlebih dahulu pada hari ini juga tapi pada jam yang lebih dulu sekitar jam 13.00 Wita," kata Kuasa Hukum Jerinx SID, I Wayan Gendo Suardana kepada wartawan, Kamis (26/11/2020).

Lebih lanjut Gendo membeberkan tim kuasa hukum Jerinx SID mengajukan banding setelah mendapat intruksi dari Jerinx SID. Gendo juga menilai pengajuan banding JPU tidak berdasar.

"Perhari ini kami mengajukan banding karena kami sudah memastikan jaksa mengajukan banding, untuk pertimbangan pertama, karena sebetulnya dalam perkara ini klien kami Jerinx meminta pada kami, apabila jaksa mengajukan banding. Jadi mau tidak mau, tidak ada pilihan lain, kita harus banding, dan kemudian itu yang harus kami jalankan, mandat itu yang kami jalankan," papar Gendo.

Gendo mengaku menghargai langkah banding yang diajukan JPU. Gendo menyebut JPU tak percaya diri dan menilai berkas penuntutan yang dibacakan jaksa di pengadilan beberapa waktu lalu tak berdasar.

"Kami juga tidak tahu dasar JPU melakukan banding kecuali bahwa itu hak hukum dari penuntut umum, tapi tentu saja kami menghargai hak hukum mereka dari jaksa penuntut umum (JPU), walaupun menurut kami tetap saja pengajuan banding mereka, walaupun itu hak hukum, kami merasa prihatin sambil ketawa begitu. Seberapa percaya dirinya jaksa mengajukan banding," tutur Gendo.

Selanjutnya
Halaman
1 2