Round-Up

Sempat Walk Out Bikin Vonis Jerinx Makin Berat

Hestiana Dharmastuti - detikNews
Kamis, 19 Nov 2020 21:02 WIB
Jerinx SID hadapi sidang vonis.
Jerinx 'SID' menghadapi sidang vonis. (Angga Riza/detikcom)
Denpasar -

Sejumlah fakta diungkap majelis hakim dalam sidang vonis I Gede Ari Astina alias Jerinx 'SID' dalam kasus ujaran kebencian 'IDI kacung WHO'. Aksi Jerinx walk out di sidang perdana menjadi alasan memberatkan pidana Jerinx yang divonis 1 tahun 2 bulan penjara itu.

Sidang digelar di Pengadilan Negeri (PN) Denpasar, Jalan PB Sudirman, Denpasar Barat, Kota Denpasar, pada Kamis (19/11/2020). Sidang vonis Jerinx dipimpin ketua majelis hakim Ida Ayu Adnyana Dewi. Majelis hakim mengungkapkan fakta-fakta dalam pertimbangan putusan.

Hakim Sebut Kesaksian Ibu Kehilangan Bayi Tak Bisa Jadi Dasar Jerinx Hina IDI

Jerinx mengunggah konten di Instagram yang dianggap menyerang Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dengan dasar adanya seorang ibu yang kehilangan bayi saat melahirkan karena terkendala rapid test.

Namun majelis hakim menyatakan kejadian itu tidak bisa menjadi alasan pembenar bagi Jerinx mengunggah konten-konten yang kini bermasalah tersebut.

"Menimbang bahwa terhadap keterangan saksi-saksi a de charge, I Gusti Ayu Ariyanti dan Nyoman Yudi Prasetiya Jaya, tentang peristiwa yang dialaminya untuk mendapatkan pelayanan rumah sakit, menurut majelis hakim tidak dapat dijadikan alasan pembenar bagi terdakwa untuk melakukan posting-an-posting-an di akun miliknya yang menyudutkan para dokter maupun petugas pelayanan kesehatan," ujar anggota majelis hakim I Dewa Made Budi Watsara membacakan pertimbangannya dalam sidang pembacaan vonis di Pengadilan Negeri Denpasar, Kamis (19/11/2020).

Selain itu kesaksian dua rekan Jerinx di grup band Superman Is Dead (SID), I Made Putra Budi Sartika (Boby Kool) dan I Made Eka Arsana (Eka Rock), hanya bisa menjadi alasan meringankan bilamana Jerinx dihukum. Kesaksian Boby Kool dan Eka Rock itu mengenai kegiatan sosial yang dilakukan Jerinx.

Kesaksian Boby Kool dan Eka Rock mengenai kata-kata Jerinx turut dibacakan hakim. Menurut dua rekan Jerinx itu, kata-kata yang terdengar kasar dari Jerinx sebenarnya bukan bermakna lugas.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3