Kemenag Siapkan Naskah Khotbah Jumat, DMI Bandingkan dengan Soeharto

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Kamis, 26 Nov 2020 08:14 WIB
DMI mengeluarkan surat edaran mengenai pelaksanaan salat Jumat dua gelombang. Namun Masjid Agung Al Barkah, Kota Bekasi, tetap melaksanakn salat satu gelombang.
Ilustrasi salat Jumat (Rengga Sancaya/detikcom)

Penafsiran selanjutnya menurut Imam adalah Menag Fachrul tengah berusaha menyelamatkan diri dari ancaman reshuffle kabinet. Namun, di sisi lain, Imam mengatakan bisa saja niat Kemenag ini ditafsirkan baik untuk umat.

"Mungkin ini bisa menyelamatkan dari kemungkinan di-reshuffle dari kabinet. (Selanjutnya) niatnya baik untuk konsolidasi umat dan bangsa," kata Imam.

Sebelumnya diberitakan, Kemenag akan menyiapkan naskah khotbah Jumat. Pembuatan naskah khotbah akan melibatkan ulama hingga akademisi dan disesuaikan dengan perkembangan zaman.

Dirjen Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin mengatakan naskah bersifat alternatif. Jadi tidak ada kewajiban bagi penceramah untuk dibacakan.

"Naskah yang disusun bisa dijadikan alternatif. Tidak ada kewajiban setiap masjid dan penceramah untuk menggunakan naskah khotbah Jumat yang diterbitkan Kemenag," ujarnya, dikutip dari siaran pers Kemenag, Rabu (25/11).

Halaman

(azr/jbr)